Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik himpunan di SMPN 18 Malang / Nurinda Fahmita Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik himpunan di SMPN 18 Malang / Nurinda Fahmita Ariyanti

Ariyanti, Nurinda Fahmita (2013) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik himpunan di SMPN 18 Malang / Nurinda Fahmita Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem based learning hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan dengan salah satu guru Matematika SMPN 18 Malang diperoleh informasi bahwa penyampaian pembelajaran matematika dilakukan dengan metode ceramah. Hal ini berdampak kepada siswa yaitu kurang aktif bertanya kurang memperhatikan guru saat menerangkan di depan kelas jarang melakukan diskusi kelompok sehingga cenderung bersifat individual. Dengan kondisi siswa yang demikian berpengaruh pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh nilai Matematika di bawah SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) atau masih belum mencapai 80% ketuntasan klasikal. Untuk mengatasi hal tersebut maka dalam penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu suatu pendekatan dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-E di SMPN 18 Malang. Proses pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa tahapan yaitu orientasi siswa pada masalah mengorganisasikan siswa untuk belajar penyelidikan individual dan kelompok mengembangkan dan menyajikan data serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes di akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas belajar sebesar 69 76%. Pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas belajar sebesar 88 37%. Sedangkan untuk aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran pada siklus I mendapatkan prosentase skor rata-rata 79 99% berdasarkan analisis skor rata-rata termasuk dalam kategori baik dan prosentase skor rata-rata pada siklus II adalah 87 49% termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I mendapatkan prosentase skor rata-rata 77 28% termasuk dalam kategori baik dan prosentase skor rata-rata pada siklus II adalah 84 16% termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan ketuntasan pembelajaran yang diterapkan pada SMPN 18 Malang yaitu pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil jika jumlah siswa yang mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimum (65) sebanyak 80% maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 18 Malang pada topik Himpunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15786

Actions (login required)

View Item View Item