Khairunnisa, Gusti Firda (2013) Proses interaksi berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Gusti Firda Khairunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Khairunnisa Gusti Firda. 2013. Proses Interaksi Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata kunci proses interaksi berpikir menyelesaikan masalah pembelajaran kooperatif tipe STAD 12288 12288 12288 DEPDIKNAS menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis analitis sistematis kritis dan kreatif serta mampu bekerja sama. Semua hal yang tercakup dalam tujuan pembelajaran matematika ini dibutuhkan dalam pemecahan masalah. Masalah-masalah seringkali melibatkan masalah-masalah yang tidak rutin. Namun kebanyakan siswa apabila dihadapkan dengan masalah tidak rutin cenderung malas menyelesaikan karena cara untuk menyelesaikan masalah tersebut rumit dan tidak pernah dijelaskan oleh guru sehingga pendekatan pembelajaran problem solving perlu diterapkan agar siswa terlatih dalam menyelesaikan masalah. 12288 12288 12288 12288 Banyak penelitian yang telah mengungkapkan keunggulan dari pendekatan problem solving. Penelitian lain oleh Patricia Heller dkk. (1991) menyatakan bahwa pendekatan problem solving ini lebih baik jika dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah STAD yang juga telah diteliti memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah menumbuhkan kreativitas siswa meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses interaksi berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan problem solving melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD sehingga dapat diketahui bagaimana cara siswa berpikir dan berinteraksi dalam kelompok ketika menyelesaikan suatu masalah. Sintak pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sintak pembelajaran STAD dengan memasukkan pendekatan problem solving saat sintak diskusi kelompok. 12288 12288 12288 Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 19 Malang pada tanggal 30 Maret 2013 dan 3 April 2013. Subjek penelitian adalah 4 siswa dari kelas VII D yang memiliki kemampuan yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan diskusi kelompok terjadi interaksi multi arah antar siswa dalam satu kelompok serta siswa dengan Lembar Kegiatan Kelompok (LKK). Siswa berkemampuan tinggi berperan sebagai sumber gagasan ketika diskusi berlangsung dan aktif berdiskusi serta memberikan penjelasan kepada anggota lain yang belum memahami suatu masalah. Siswa berkemampuan sedang cenderung seimbang antara bertanya menjawab pertanyaan dan memberikan informasi. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah lebih banyak mendapatkan informasi dari anggota yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15785 |
Actions (login required)
View Item |