Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Tantri Ika Yulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Tantri Ika Yulandari

Yulandari, Tantri Ika (2013) Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri untuk siswa SMA kelas X dengan metode penemuan terbimbing / Tantri Ika Yulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa penemuan terbimbing trigonometri Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan pada beberapa guru matematika kelas X SMAN 7 Malang trigonometri adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa dalam mata pelajaran matematika. Menurut beberapa siswa trigonometri sebenarnya hanya memiliki beberapa rumus untuk diingat namum penerapannya sangat sulit dan membuat sebagian besar siswa bingung. Sumber belajar yang sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar masih tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk menemukan pemahamannya secara mandiri. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran adalah Lembar Kerja Siswa. LKS memiliki kelebihan yang mendukung proses pembelajaran peserta didik dengan memberikan soal-soal yang dapat digunakan sebagai latihan serta untuk memahami suatu konsep materi yang sedang dipelajari. Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi trigonometri. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing dapat melatih siswa untuk belajar secara mandiri. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS pada materi trigonometri dengan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penilaian validator yang terdiri dari satu dosen dan dua guru pada setiap aspek lembar validasi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kriteria valid. Sementara itu hasil uji coba pada kelompok kecil yaitu pada enam siswa diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan menarik dan peserta didik dapat mengerjakan LKS pada bagian Uji Pemahaman dan Soal Evaluasi serta memenuhi Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan. Oleh karena itu LKS materi trigonometri dengan metode penemuan terbimbing pada pengembangan ini terbukti valid. Berdasarkan hasil di atas pengembangan LKS ini mendapat beberapa saran dari validator dan siswa yang dapat digunakan dalam proses perbaikan agar lebih layak digunakan saat kegiatan pembelajaran. Diharapkan dengan produk akhir tersebut kegiatan pembelajaran materi trigonometri lebih menyenangkan dan dapat menjadi referensi untuk para guru dalam mengembangkan bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15784

Actions (login required)

View Item View Item