Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Dian Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Dian Mayasari

Mayasari, Dian (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray untuk meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan / Dian Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mayasari Dian. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci komunikasi matematis tertulis two stay two stray. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari selama beliau mengajar fungsi komposisi dan inversnya di kelas XI IPA terindikasi siswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan ide matematisnya secara tertulis. Terlebih di kelas XI IPA 5 siswa terlihat kesulitan dalam menuliskan ide matematisnya yang tertuang pada hasil ulangan harian. Hal ini menimbulkan keprihatinan guru dan peneliti untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya pada materi fungsi. Apalagi menurut NCTM (2003) komunikasi matematis merupakan skill yang harus dimiliki siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPA 5. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data diperoleh dari hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh dua validator diperoleh instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran telah valid. Sedangkan berdasarkan lembar observasi kegiatan guru guru selalu memberi bimbingan saat siswa berkelompok dan arahan melalui pertanyaan pancingan. Pada siklus pertama rata-rata nilai siswa 69 79 dan hanya 50% siswa mendapat nilai minimal 75. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa 79 625 dan 77 8% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga penelitian dikatakan berhasil. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa prosedur pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Purwosari adalah (1) siswa berkelompok secara heterogen (2) siswa berdiskusi dengan kelompok asal mengerjakan LKS (3) dua orang dari masing-masing kelompok bertamu ke dua kelompok yang berbeda (4) tamu kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan hasil temuan dari kelompok yang didatanginya (5) diskusi kelas. Dengan dasar temuan pada penelitian ini peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk dikembangkan lebih lanjut pada topik lain dalam upaya meningkatkan komunikasi matematis tertulis siswa dan dapat dikombinasikan dengan teknik lain misalkan dengan teknik talking stick snowball throwing dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item