Peningkatan penguasaan materi grafik fungsi trigonometri melalui pembelajaran MMP berbantuan software geogebra pada siswa bilingual kelas X-5 SMAN 10 Malang / Supriatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan materi grafik fungsi trigonometri melalui pembelajaran MMP berbantuan software geogebra pada siswa bilingual kelas X-5 SMAN 10 Malang / Supriatin

Supriatin (2013) Peningkatan penguasaan materi grafik fungsi trigonometri melalui pembelajaran MMP berbantuan software geogebra pada siswa bilingual kelas X-5 SMAN 10 Malang / Supriatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supriatin. 2013. Peningkatan Penguasaan Materi Grafik Fungsi Trigonometri Melalui Pembelajaran MMP Berbantuan Software GeoGebra Pada Siswa Bilingual Kelas X-5 SMAN 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Kata Kunci penguasaan materi grafik fungsi trigonometri Missouri Mathematics Project Software GeoGebra Kesulitan siswa dalam menguasai materi grafik fungsi trigonometri berhubungan dengan kesulitan merepresentasikan bentuk aljabar dari fungsi trigonometri ke dalam bentuk geometri dan sebaliknya. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran yang sesuai dan penggunaan media pembelajaran yang dapat menjembatani kesulitan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan salah satu media yang dapat menjembatani kesulitan tersebut adalah media Software GeoGebra. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Software GeoGebra yang dapat meningkatkan penguasaan materi grafik fungsi trigonometri pada siswa bilingual kelas X-5 di SMAN 10 Malang. 12288 12288 12288 12288 Missouri Mathematics Project (MMP) merupakan model pembelajaran matematika yang memuat lima langkah dalam pembelajarannya yaitu pendahuluan atau review pengembangan latihan dengan bimbingan guru kerja mandiri dan penutup. Sedangkan Software GeoGebra merupakan perangkat lunak yang dapat menggabungkan kemudahan penggunaan perangkat lunak geometri dinamis dengan fitur sistem aljabar komputer. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang dirancang dalam suatu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMAN 10 Malang pada siswa bilingual kelas X-5 yang terdiri atas 32 siswa. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai perencana pelaksana pengumpul data penganalisis data dan pembuat laporan hasil penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar validasi lembar observasi student worksheet tes hasil belajar dan angket respon siswa serta dilengkapi lesson plan sebagai perangkat pembelajaran. Analisis data terdiri atas analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Software GeoGebra dapat meningkatkan penguasaan materi grafik fungsi trigonometri pada siswa bilingual kelas X-5 SMAN 10 Malang dalam dua siklus. Hal itu ditunjukkan dengan hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus 2 sebesar 93 75%. Adapun keterlaksanaan penerapan pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan Software GeoGebra telah mencapai taraf terlaksana dengan baik yang ditunjukkan dengan aktivitas guru dalam kategori baik (3 64 dari skor maksimum 4) aktivitas siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item