Penerapan pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School pada materi limit fungsi / Ulviana Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School pada materi limit fungsi / Ulviana Megawati

Megawati, Ulviana (2013) Penerapan pembelajaran reciprocal teaching yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School pada materi limit fungsi / Ulviana Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Megawati Ulviana. 2013. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching yang dapat Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Reciprocal Teaching Berfikir Kritis 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMA Brawijaya Smart School (BSS) didapatkan suatu keadaan bahwa pembelajaran di kelas XI IPA 3 SMA BSS masih belum maksimal. Pada pembelajaran matematika pendekatan yang sering digunakan adalah pendekatan konvensional yang kegiatan proses belajar mengajarnya didominasi oleh guru. Hal ini terlihat selama pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi dan memberikan contoh soal sedangkan siswa duduk mendengarkan dan meniru hal-hal yang diberikan guru..Pembelajaran yang seperti ini menyebabkan siswa hanya menerima semua yang diberikan oleh guru sehingga kemampuan berfikir kritis siswa tidak berkembang. 12288 12288 12288 Untuk mengatasi masalah tersebut guru dituntut agar dapat menemukan cara yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa adalah pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuana dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School pada Materi Limit Fungsi 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2013 26 Maret 2013 di kelas XI IPA 3 SMA Brawijaya Smart School (BSS) pada materi Limit Fungsi. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching menggunakan empat tahap yaitu predicting clarifying solving dan summarizing dilaksanakan secara berkelompok serta menggunakan pertanyaan-pertanyaan pancingan untuk membimbing siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis dan refleksi diketahui bahwa setelah diterapkan pembelajaran Reciprocal Teaching terjadi peningkatan hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang melakukan ketrampilan berfikir kritis dari siklus 2 ke siklus 2 sebanyak 5 siswa atau sebesar 22 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15777

Actions (login required)

View Item View Item