Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS) / Imama Wahidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS) / Imama Wahidah

Wahidah, Imama (2013) Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS) / Imama Wahidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Think Talk Write (TTW) Hasil Belajar Himpunan Melalui observasi awal diperoleh informasi bahwa hasil ulangan harian materi sebelumnya diperoleh presentase ketuntasan siswa kelas VII C pada mata pelajaran matematika adalah 54% siswa dari 35 siswa sehingga hasil belajar siswa dapat dikatakan masih rendah. Hal ini diduga karena pembelajaran yang diterapkan guru yang sedang diamati masih cenderung bersifat teacher-centered dengan menggunakan faslitas LCD yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satu alternatif yang dipilih adalah menerapkan strategi yang menuntun siswa untuk menemukan solusi dari permasalahan yang mempunyai efek transfer lebih baik bagi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dipilihlah strategi Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC di SMP BSS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Materi pada penelitian ini adalah materi himpunan subbab diagram venn dan Penggunaan konsep himpunan dalam diagram venn. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan pemberian masalah kepada siswa kemudian dilanjutkan meminta siswa untuk menuliskan ide dan kesulitannya dalam catatan kecil. Kegiatan ini disebut Think. Kemudian guru mengorganisasikan siswa untuk berkelompok dalam menyelesaikan permasalahan setelah itu siswa mempresentasikan hasil diskusinya kepada teman satu kelas tahap ini disebut Talk. Tahap terakhir pada strategi ini adalah membimbing siswa untuk menulis kesimpulan dari kegiatan Think dan Talk. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa presentase banyak siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 69% sedangkan pada siklus II 82 8%. Hasil belajar tersebut didukung pula dengan hasil observasi aktivitas siswa yang termasuk dalam kategori baik dengan skor 80 25 sedangkan pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 87 5. Selain itu hasil observasi aktivitas guru pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan skor 82 9 sedangkan pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 86 6. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa langkah-langkah pembelajaran strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan siswa yang lebih dari 80% dan telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas siswa dan aktivitas guru yang minimal termasuk dalam kategori baik . Dari hasil penelitian di atas diharapkan strategi ini dapat menjadi pilihan guru matematika untuk digunakan dalam pembelajaran demi meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi ini juga diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi sekolah untuk diterapkan dalam pembelajaran selanjutnya. Selanjutnya untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan strategi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item View Item