Pengembangan media pembelajaran melalui permainan "hunting treasure" pada materi himpunan untuk siswa kelas bilingual VII-A di SMP Negeri 16 Malang / Ade Irma Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran melalui permainan "hunting treasure" pada materi himpunan untuk siswa kelas bilingual VII-A di SMP Negeri 16 Malang / Ade Irma Kusuma

Kusuma, Ade Irma (2013) Pengembangan media pembelajaran melalui permainan "hunting treasure" pada materi himpunan untuk siswa kelas bilingual VII-A di SMP Negeri 16 Malang / Ade Irma Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media pembelajaran permainan hunting treasure himpunan Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak disukai oleh banyak siswa. Selain materinya yang sulit dipahami pembelajaran matematika di kelas yang cenderung pasif juga mempengaruhi alasan tersebut. Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah selalu dilakukan di kelas dan siswa cenderung pasif mendengarkan penjelasan dari guru yang dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal. Oleh karena itu perlu diberikan suatu upaya yang dapat mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Dalam pembelajaran matematika media pembelajaran sudah terbukti dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman materi minat motivasi dan aktivitas siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat mengatasi kepasifan siswa adalah melalui permainan. Penelitian ini merupakan suatu penelitian pengembangan berupa permainan Hunting Treasure yang dimodifikasi dari permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran pada materi himpunan untuk siswa kelas VII-A bilingual di SMP N 16 Malang. Dengan permainan ini diharapkan pembelajaran matematika lebih variatif kreatif dan dapat menarik minat siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar. Metode pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) disesuaikan dengan karakteristik siswa (kelas bilingual VII-A SMP N 16 Malang) dan hasil pengembangan tidak disebarkan pada sekolah lain. Media ini divalidasi oleh dosen ahli media dosen ahli matematika dan guru matematika kelas VII bilingual dan kemudian diuji cobakan kepada siswa kelas bilingual VII-A SMP N 16 Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media yang dikembangkan valid (dari ahli media) kesesuaian materi dengan media sangat valid (dari pakar pendidikan dan praktisi) dan media yang dikembangkan efektif (berdasarkan respon positif dari siswa dan ketuntasan belajar). Selanjutnya dapat disarankan bahwa permainan Hunting Treasure dapat dijadikan pilihan sebagai suatu media pembelajaran pada materi himpunan dan dapat dicobakan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item View Item