Al 'Azzy, Ulfa Luthfiana (2013) Penerapan strategi brain based learning yang dapat meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang / Ulfa Luthfiana Al 'Azzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Brain Based Learning Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 12288 12288 12288 12288 12288 Dari data observasi awal peneliti yang dilakukan dengan memberikan soal yang menuntut siswa untuk menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi diketahui bahwa pada kelas VII-C SMP BSS Malang dari jumlah total 36 siswa yang terampil menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi ada 8 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa 78% siswa belum menggunakan keterampilan berpikir tingkat tingginya. Diduga hal ini disebabkan karena siswa dalam pembelajaran kesehariannya hanya di berikan soal rutin. Guru jarang memberikan soal yang menuntut siswa menggunakan keterampilan berpikir tingkat tingginya. Masalah selanjutnya adalah bagaimana cara mengajarkan keterampilan berpikir secara eksplisit dan memadukannya dengan materi pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika yang dapat membantu para siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. 12288 12288 12288 12288 12288 Perlu dipahami bahwa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa guru perlu mamahami kerja alami otak siswa untuk menentukan metode belajar yang akan dipilih. Metode yang sesuai dengan kerja alami otak siswa akan menumbuhkan rasa senang terhadap pelajaran matematika serta tidak membuat siswa merasa tertekan untuk mempelajari hal baru baginya apa lagi dalam pelajaran matematika. Oleh karena itu untuk meningkatkan ketrampilan berpikir siswa kelas VII-C peneliti menerapkan pendekatan berbasis kemampuan otak (Brain Based Learning) dalam pembelajaran matematika. Pendekatan berbasis kemampuan otak (Brain Based Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tindakan-tindakan yang sesuai dengan pendekatan Brain Based Learning dengan mengaktifkan otak kiri dan kanan siswa sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Data diperoleh dari hasil pengamatan guru dan pengamatan observer terhadap tindakan guru ketika pembelajaran berlangsung. Data tersebut dianalisis kemudian selanjutnya dibahas dan pada akhirnya ditarik kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan strategi Brain Based Learning selama 2 siklus adalah tindakan-tindakan guru yang meliputi tindakan menjelaskan instruksi bertanya memberikan media pembelajaran dan memberikan reward. Dimana tindakan-tindakan tersebut dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Pada saat observasi awal hanya terdapat 8 siswa yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi banyaknya siswa ini menunjukkan pada kelas tesebut katerampilan berpikir tingkat tingginya tergolong kategori rendah. Pada siklus 1 meningkat menjadi 11 siswa dan masih tergolong kategori rendah. Pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 16 siswa yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi tergolong kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15774 |
Actions (login required)
View Item |