Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berdasarkan gaya kognitif field dependence pada materi dimensi tiga /Wanda Putri Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berdasarkan gaya kognitif field dependence pada materi dimensi tiga /Wanda Putri Sari

Sari, Wanda Putri (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri berdasarkan gaya kognitif field dependence pada materi dimensi tiga /Wanda Putri Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perangkat pembelajaran inkuiri gaya kognitif field dependence dimensi tiga. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga siswa bergaya kognitif field dependence belum dapat menentukan keterkaitan antara informasi yang diberikan dengan apa yang ditanyakan sehingga mereka juga mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Sedangkan siswa pada kelompok field independence mengalami kesulitan ketika diminta untuk menyelesaikan soal dengan cara yang berbeda. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif field dependence pada materi dimensi tiga dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah RPP beserta LKS berbahasa Inggris. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan mengadaptasi dari model 4D oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel. Adaptasi yang dilakukan dengan memfokuskan penelitian pada tahap define design dan develop serta menghilangkan kegiatan penyusunan tes pada tahap design karena pada penelitian ini tidak dilakukan pengukuran terhadap hasil belajar siswa. Tingkat kevalidan perangkat pembelajaran diukur dari hasil validasi oleh validator ahli validator praktisi dan angket siswa. Analisis dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan sebagai pengukuran tingkat kevalidan perangkat pembelajaran. Sedangkan analisis kualitatif yang berupa komentar dan saran digunakan untuk pertimbangan dalam perbaikan perangkat pembelajaran ke arah yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan perangkat pembelajaran menurut validator ahli adalah cukup valid dengan prosentase 75%. Setelah dilakukan revisi kemudian prototipe divalidasikan kepada validator praktisi dan tingkat kevalidan telah mencapai sangat valid dengan prosentase 92 5%. Hasil uji coba dan angket siswa menunjukkan bahwa tingkat kevalidan LKS adalah sangat valid dengan prosentase 89 36%. Meskipun perangkat pembelajaran telah mencapai cukup valid dan sangat valid perbaikan tetap dilakukan dengan mempertimbangkan komentar dan saran yang diberikan oleh validator ahli praktisi dan siswa. Perbaikan dilakukan pada stuktur bahasa yang digunakan penambahan contoh soal sebelum latihan soal penggantian masalah awal yang terdapat pada pendahuluan menjadi masalah yang lebih aplikatif penambahan konsep garis tegak lurus dengan bidang penambahan glossary di akhir halaman LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item