Cooperative leatning instruction based on modified procedure of Polya and Newman to improve problem solving ability in solving mathematics wors problem served in Engglis of bilingual students in SMAN 1 Malang / Lely Miftachul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Cooperative leatning instruction based on modified procedure of Polya and Newman to improve problem solving ability in solving mathematics wors problem served in Engglis of bilingual students in SMAN 1 Malang / Lely Miftachul Khasanah

Khasanah, Lely Miftachul (2013) Cooperative leatning instruction based on modified procedure of Polya and Newman to improve problem solving ability in solving mathematics wors problem served in Engglis of bilingual students in SMAN 1 Malang / Lely Miftachul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modifikasi Tahapan Polya dan Newman pembelajaran kooperatif kemampuan pemecahan masalah soalcerita Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah. Kesulitan ini menyebabkan mereka sulit untuk menyelesaikan masalah dan mendapatkan solusi yang tepat dan benar. Berdasarkan wawancara terhadap salah satu guru matematika kelas X SMAN 1 Malang dalam menyelesaikan masalah guru memberikan contoh masalah kepada siswa dan menyelesaikannya secara ekspositori. Cara ini masih menyisakan kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah terutama masalah berupa soal cerita. Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita karena kurangnya kemampuan dalam memahami kata kunci dari masalah memahami masalah dan menentukan algoritma matematika untuk menyelesaikan masalah tersebut (Yushau 2010 3). Salah satu strategi yang dapat membantu mereka dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka adalah pembelajaran kooperatif berdasarkan Modifikasi Tahapan Polya dan Newman. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran kooperatif yang digabungkan dengan Modifikasi Tahapan Polya dan Newman untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris pada siswa bilingual kelas X SMAN 1 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Dalam tahap pelaksanaan Modifikasi Tahapan Polya dan Newman pada tindakan guru dilaksanakan pada sesi 1) pembentukan kelompok 2) penyampaian materi 3) penjelasan Modifikasi Tahapan Polya dan Newman 4) penggunaan Modifikasi Tahapan Polya dan Newman pada contoh soal 5) diskusi kelompok dan 6) presentasi dan konfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kuis siswa meningkat sebanyak 10.17% dan persentase siswa yang mencapai SKM meningkat 30.56% yang berarti kriteria keberhasilan telah tercapai. Banyak siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item