Proses berpikir kreatif siswa kelas VII-D SMP Negeri 19 Malang dalam mengajukan masalah dengan situasi semi terstruktur pada materi garis dan sudut / Nurul Ulfiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kreatif siswa kelas VII-D SMP Negeri 19 Malang dalam mengajukan masalah dengan situasi semi terstruktur pada materi garis dan sudut / Nurul Ulfiah

Ulfiah, Nurul (2013) Proses berpikir kreatif siswa kelas VII-D SMP Negeri 19 Malang dalam mengajukan masalah dengan situasi semi terstruktur pada materi garis dan sudut / Nurul Ulfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Proses berpikir kreatif mengajukan masalah situasi semi terstruktur. Dunia pendidikan berkembang sangat cepat dan menuntut manusia untuk berpikir kreatif agar dapat mengikuti perkembangan yang ada tidak hanya di dunia pendidikan tetapi juga dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu cara meningkatkan kreativitas di sekolah adalah dengan pengajuan masalah. Ketika diadakan studi pendahuluan ditemukan siswa di kelas VII-D SMP Negeri 19 Malang dalam mengajukan soal beragam dan berbeda-beda. Oleh karena itu untuk menyusun rencana pembelajaran yang lebih baik yang berhubungan dengan kreativitas perlu diketahui bagaimana proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah dengan situasi semi terstruktur pada materi garis dan sudut. Hal ini dimaksudkan agar guru lebih memahami karakteristik siswa dalam mengajukan masalah. Dengan demikian guru diharapkan dapat merancang pembelajaran yang lebih baik. Untuk mengetahui proses tersebut dilakukan pemberian tugas pengajuan masalah dan wawancara secara individu terhadap beberapa siswa yang dipilih dari kelas VII-D SMP Negeri 19 Malang. Subjek penelitiannya adalah dua siswa yang berkemampuan matematika tinggi dua siswa yang berkemampuan matematika sedang dan dua siswa yang berkemampuan matematika rendah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) mengadakan studi pendahuluan (2) menyusun instrumen penelitian (3) melakukan validasi instrumen (4) menentukan subyek penelitian (5) melaksanakan penelitian dengan memberikan tugas pengajuan masalah (6) melakukan wawancara (7) melakukan analisis data. Hasil penelitian ini adalah suatu penjelasan tentang proses berpikir kreatif siswa dalam mengajukan masalah yang terdiri dari tahap mensintesis ide membangun ide merencanakan penerapan ide dan menerapkan ide. Adapun hasilnya adalah dalam tahap mensintesis ide ide yang dibuat oleh siswa berdasarkan gambar garis-garis yang berpotongan sifat-sifat sudut dan besar sudut. Terjadi kesalahan dalam memadukan ide untuk siswa dengan kemampuan matematika rendah. Pada tahap membangun ide siswa yang sangat kreatif memilih gambar yang sederhana namun soal yang sulit. Siswa yang kreatif memilih gambar yang rumit namun soal yang mudah. Siswa yang kurang kreatif memilih gambar dan soal yang mudah. Pada tahap merencanakan penerapan ide pada umumnya siswa membuat soal terlebih dahulu kemudian membuat kunci jawabannya namun untuk siswa yang kreatif ada yang membuat kunci jawaban terlebih dahulu. Pada tahap menerapkan ide semua siswa pernah melakukan kesalahan. Siswa yang sangat kreatif mengalami kesalahan dalam menggunakan konsep dan membuat kalimat namun dapat dengan cukup tepat memperbaikinya. Siswa yang kreatif mengalami kesalahan dalam membuat kalimat dan dapat dengan cukup tepat memperbaikinya. Siswa yang kurang kreatif mengalami kesalahan dalam menggunakan konsep dan dapat dengan tepat memperbaikinya. Kemudian ditemukan hal lain bahwa siswa dengan kemampuan matematika rendah belum tentu memiliki tingkat kreativitas yang rendah pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15768

Actions (login required)

View Item View Item