Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan bentuk cerita kelas IA SLTP Negeri 4 Malang <BR>oleh Dewi Sulistyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan bentuk cerita kelas IA SLTP Negeri 4 Malang <BR>oleh Dewi Sulistyawati

Sulistyawati, Dewi (2003) Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan bentuk cerita kelas IA SLTP Negeri 4 Malang <BR>oleh Dewi Sulistyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil penelitiany angd ilakukano lehP anglipuringtya(s1 996)d i SLTPNI GedangaMn alangm enyatakanb ahwas isway angt idak mampum elakukan operaspi adab ilanganp ecahanm encapapi rosentasyea ngc ukupt inggi. Dari hasil wawancarpae nelitid engans alahs atug urub idangs tudim atematikak elasI di SLTPN egeri4 Malangm enyatakanb ahwam asiha das isway angm engalami kesulitand alamm enyelesaikasno al-soapl ecahanb entukc erita. Pendekatayna ngd igunakanp adap enelitianin i adalahp endekatan kualitatifdanjenpise nclitiayna ngd igunakaand alahp enelitiadne skriptiPf a da penelitiani ni kehadiranp eneliti di lapangand engans eizin guru dan kepala sekolahP. enelitianin i dilakukanu ntukm engetahupi enyebabk esulitans iswa dalamm enyelesaikasno alp embagianp ecahanb entukc eritas ertau nhrk menentukana ltematif yang dapatd ilakukan untuk membantum engataski esulitan siswat ersebut.P engumpuland atad ilakukanm blalui tes tertulis dan wawancara. Sedangkapnr osesa nalisisd atap adap cnelitiani ni yaitu ( l) mempersiapkatne s yang akan diberikan kepada siswa (2) memberikan tes kepada siswa (3) mengorekshi asilt es ( 4) mengadakawn awancarad engans ubyekp enelitian( 5) melakukan reduksi (6) refleksi (7) triangulasi. Wawancara dilakukan dengan 3 orang subyek penelitian yang diambil berdasarkajna wabant ertulis siswa dalamm enjawabt es diagrrostik.D ari hasil jawaban tertulis siswa dan dari hasil wawancara ditemukan kesulitan-kesulitan siswad alamm enyelesaikasno alp embagianp ecahanb entukc eritay aitu ( l) kesulitand alamm engartikank alimat ( 2) kesulitand alamm emahamki onsep( 3) kesulitand alamm elakukank omputasi.F aktor-faktory ang menyebabkans iswa mengalamki esulitante rsebuat dalah( l) siswat idak dapatm enelaahm akna kalimat dalams oal ( 2) siswac enderungb erpikir prosedural ( 3) kurangnya latihans oalp adas iswa.D enganm emperhatikakne sulitan-kesulitadna nf aktorfaktor penyebabk esulitans iswad apatd itentukana ltematif untuk membantus iswa yangm engalamki esulitante rsebuty aifu ( l) siswad ianjurkanu ntukm embaca denganc ermats oal cerita dan memberikanm aknas ecarak eseluruhanti dak sebigian ( 2) penyampaiakno nsepo leh guruk epadas iswad iawalid alamb entuk konkret ( 3) untukm enambahke trampilans iswa d iberikanla tihan-latihans oal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15763

Actions (login required)

View Item View Item