Identifikasi kesulitan dalam memahami konsep fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas II SMU Negeri I Batu tahun ajaran 2002/2003 dan pengajaran remidinya <BR>oleh Susi Dian Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan dalam memahami konsep fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas II SMU Negeri I Batu tahun ajaran 2002/2003 dan pengajaran remidinya <BR>oleh Susi Dian Fitriana

Fitriana, Susi Dian (2003) Identifikasi kesulitan dalam memahami konsep fungsi komposisi dan fungsi invers pada siswa kelas II SMU Negeri I Batu tahun ajaran 2002/2003 dan pengajaran remidinya <BR>oleh Susi Dian Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep frrngsi merupakan hal penting yang harus ditanamkan pada siswa karena konsep frurgsi merupakan prasyarat penguasaan konsep lain dalam matematika. Oleh karena itu kesulitan siswa dalam memahami konsep fungsi perlu mendapatkan perhatian tersendiri. Kesulitan yang dialami siswa menunjukkan kegagalan siswa dalam memahami konsep fungsi. Hal tersebut tercermin pada kesalahan-kesalahans iswa dalam menyelesaikan soal tentang fungsi baik kesalahan konsep prinsip maupun algoritrna. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami konsep pada pokok bahasan fimgsi komposisi dan fimgsi invers pada siswa kelas II semester gasal SMU Negeri I Batu tahun ajaran 200212003 dan mencari alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum stswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fungsi komposisi dan firngsi invers. Hal ini tampak saat siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan konsep prinsip dan melakukan algoritma. Kesalahan dalam menggrmakan konsep dan prinsip adalah kesalahan dalam hal (l) menentukan contoh dan bukan contoh flmgsi (2) menentukan range suatu firngsi (3) menenhrkan nrmus aljabar fungsi (4) menenhrkan domain suatu firngsi (5) menggunakan konsep fingsi kompisisi (6) menentukan rumus firngsi invers (7) menggunakan prinsip operasi komposisi frmgsi. Sedangkan kesalahan dalam algoritrna yang dilakukan siswa adalah kesalahan dalam hal (8) melahrkan operasi pada fturgsi (9) memisalkan frrngsi yang ditanyakan jika fungsi komposisi dan salah satu fiurgsi lainnya diketahui. Pengajaran remidi yang dilakukan adalah dengan mengulang materi yang belum dipahami oleh subjek remidi dan menggunakan metode induktif serta disesuaikan dengan jenis kesulitan yang dialaminya. Setelah dilalrukan pengajaran remidi tentang Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers ternyata 5 subjek remidi berhasil mengurangi kesalahan baik jenis maupun jurnlahnya. Oleh karena itu kesalahayna ngd ibuats iswah endaknyad apatd igunakano leh guru dalamm enyusun proga.m kegiatan perbaikan dalam pengajaran yang sedang berjalan khususnya materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Hendaknya pada pembelajaran matematika guru dapat menyajikan setiap gagasan atau soal yang mengarah pada penguasaakno nsep dalam diri siswa bukan hanya sekedarm emanipulasis imbolsirnbold an mengfuafalkannay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2003 04:29
Last Modified: 09 Sep 2003 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item