Kajian materi sistem persamaan linear pada buku ajar matematika SMU <BR>oleh Anif Setyawati

Setyawati, Anif (2002) Kajian materi sistem persamaan linear pada buku ajar matematika SMU <BR>oleh Anif Setyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawati, Anif. 2002. Kajian Materi sistem Persamaan Linear pada B:!u Ajar .MatematikaSMU'Skipsi,JurusanPendidikanMatematikaFMIPA UniversitasNegeriMalang.Pembimbing:(I)Drs.H,Soebari,M.Pd.,(II)Drs. SudirmanM, .Si. Kata kunci: sistemp ersamaalnin ear,b uku ajar' Faktor penentuk ualitas buku ajar antaral ain: sudutp andangank, ejelasan konsep,r elevand urgan kurikulum, menarik minat, menumbuhkanm otivasi' -"*ti-ol*ik* aktivitas, ilustratif, komunikatG penunjang mata petajaran tain' -""gh-g"i perbedaanin dividu, memantapkann ilai-nilai (Tarigan, 1989:24). Kajian Urt i":#Ouiam skripsi ini hanyam endeskripsikank esesuaiannyad engank urikulum 1gg4s -uplemenG BPb 1999y ang berlaku saati ni. Kesesuaianb uku ajar dengan kurikulum dapt dilihat dari kesisuaian materinya dengan Cnff Oan fgsesuian soal latihan dengan yang disarankan GBPP. Kurikulum yangbgrlaku tillty addah kurikulum tgs4 resuai suplemen GBPP 1999. Dalam kurikulum SMU suplemen GBPP 1999m ateri SisternP ersamaanL inear mengalarnip erubatrans ubp okok batrasany aitu dihapuskannyas ub pokok bahasanp enyelesaianSPld enganm etode grafik dan determinan.P erubahans ub pkok bahasanit u mengakibatkan_adanya ierubahan penyajian materi SPL pada buku ajar. Tujuan bahasan SPL dalam suplemen Cnff ai3aaitan acuan penyajian materi SPL yang merupakan salah satu materi matematikay ang sering diterapkand alamp ermasalahanke hidupans ehari-hari. Padak esempatanin i, materi yang dikaji ini adalahm ateri SistemP ersamaan Linear kelas 1 SMU cawu 2 pada buku ajar Matematika SMU yang diterbitkan tattun 2000 oleh Erlanggad enganp engalangnyaD rs. B. K. Noormandiri dan Drs- Endar Suci^p to. Kajian ini bertujuanu ntuk mengetahuki esesuaianm ateri yang membahass ub pokok bahasarUp enjabarans ub pokok bahasani,s tilah keifunuany ang digunakand an kesesuaians oal iatitranb aik soal non verbal maupunv erbal padab uku ajar dengan yang disarankan suplemen GBPP 1999. Penulisan sub pokok bahasan pada bab p"*Uott s* disesuaikand enganp enulisanp adab uku ajar. Pengfujian penjabarans ub pokok bahasand ilakukan secarat erurut sesuaik onsepy ang ditulis pada_bukua jar Hasit kajian ini menunjukkant erdapatk ekurangsesuaiamn ateri SPL dan soal latihan pada buku ajar dengan yang disarankan suplemen GBPP. Sub pokok bahasan p"ttat* padab uku ajar meliputi penyelesaianS PL denganm etodeg rafi( substitusi ian metoaee hminasi,s edangkanp adas uplemenG BPPm eliputi metodes ubstitusi, eliminasi dan gabungan substitusi eliminasi. Sub pokok bahasan kedua pada buku ajar meliputi metodes ubstitusid an metodee liminasi, sedangkanp ada suplemen Cnff meUputim etodes ubstitusid an gabungane liminasi substitusi.P adap enjabaran subp okok bahasanp ertamam ateri penyelesaianS PL denganm etodeg rafik yang telah dipelajari di SLTP disajikan kembali. Isi materi sub pokok bahasan penyeleiaian SPL tiga peubah dengan metode eliminasi pada buku ajar menunjukkkani si rnateri sub pokok bahasanm etodeg abungane liminasi substitusi. Pada contoh 4 materi SPL dua peubah merupakan c ontohp enyelesaianS PL dua peubah dengan metode gabungan substitusi eliminasi tetapi tidak diberi jgdul sub pokok bahaiant ersendiri.L angkah-langkahu mum penyelesaianS Pi tidlr! diberikan. iada buku ajar tidak menyajikanc ontohs oal-soalp enerapanS PL.P adaS PL dua peubahO an-Spft iga peubal4i stilah persamaanli near dan sistemp ersamaanlin ear t**g lengkap,p engertianm etodes ubstitusi,e liminasi, dan gabungans ubstitusi etiminasit idak Oicaoto*tarl Selaini tu juga terdapatk ekurangsesuaiasno all atihan. Soall atihan non verbal (soath itungan)s ecarau mum sudaht epat sesuayi ang disarankans uplemenG BPP.P erintahs oal menyelesaikanS PL denganm etodeg rafik masih diberikan. Soal latihan verbal (soal cerita) terdapat 6 soal yang kurang sesuai antara lain soal nomor 39 dan42 pada latihan 1, nomor 24 dan25 pada latihan 2, nomor 6 dan 7 padal atihan ulangan.S elesaians oal nomor 39 dan 6 bernilai negatif. Uangt abunganbernitain egatif tidak dijumpai dalam kehidupans ebari-hari.S elesaian nomor 42 bukan merupakans u,rtup ecahans epertiy ang dikehendakip ertanyaans oal' Selesaiann omor 24 dan 7 bukan merupakans uatub ilangany ang terdiri 3 angka sepertiy ang dikehendakip ertanyaans oal. Soaln omor 25 kurang sesuaik arena mempunyaib anyaks elesaiante tapi siswat idak bisa menentukand engans ebarang nilai. Pada soal nomor 25 itu peflu diberi batasan agar siswa bisa menentukan selesaiand enganb aik. Jumlahs oalv erbalp adal atihan1 sebanyakl2 ,latihan2 sebanyak9 dan latihan ulangans ebanyak4 .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15744

Actions (login required)

View Item View Item