Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pembelajaran volum dan luas sisi bangunan ruang di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Katolik Santa Maria II Malang <BR>oleh El Kris Yuliana

Yuliana, El Kris (2001) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pembelajaran volum dan luas sisi bangunan ruang di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Katolik Santa Maria II Malang <BR>oleh El Kris Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajarand enganm enggunakana lat peragam erupakans alahs atu usaha untukm enjawabp ermasalahanb ahwa dalam pembelajaranm atematikak hususnya materi volum dan luas sisi bangUn ruang pemahaman konsep dan kemampuan pernecahamn asalaho leh siswa masih sangatl emah.U ntuk mengetahupi engaruh p.nggu*r alat peragat erhadapp embelajaranm ateri volum dan luas sisi bangun .un'g' oilukuLan dengan jalan memberikan pembelajaran menggunakan alat praft tepaOa kelompok eksperimen dan memberikan pembelajaran tanpa *.nEgUnukun alat peraga kepada kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan rnenlianui ada atau tidaknya perbedaan prÔé¼stasi bel,ajar malÔé¼matika antara siswa yani mengikuti pembelajaran menggunakan alat peraga deng11 siswa yang merigikuti - pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Disarnpi[g iiu dihaiapkan'dapat meningkatkan mutu, mengembangkan dan menyempurnakan p^ ernbelajaramn atunatika padau mumnya Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SLTPK Santa trtaria II Matang pada tahun ajaran20al?002, dan sebagai sampel adalah siswa kelas IIIB dan IIf yang tidak berbeda secara signifikan dan telah dibuktikan dengan uji statistik t. Penelitian ini dilarsanakan di SLTPK santa Maria II Malang tanggal9 Juli sampali0 Agustus2 001.R ancanganp enelitiany ang digunakana dalah* The static goup cor"$ration". Analisis butir soal uji coba instnrnren yang dipkai adalah indeks tiesukaran, daya beda validitas dan reliabilitas butir soal. Analisis hasil p' enelitiany ang dipakai adalahu ji statistikt . Hasii pe*fiti* ini menun$ukkanb ahwa lerdapat perbedaany ang berarti (signifikan) anlara prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti p.*U"t"1"ott menggunakan alat peraga dengan siswl- Yalg mengikuti pmbehjaran tanpa menggunakana lat peraga"y aitu prestasib elajar-maternatika ,ir*u yung mengikuti fimbelajaran menggunakan alat peraga lebih tinggt dibandingit otu.i-t"t"iai matematikas iswa yang mengkuti pembelajaranta npa men- ggunakaanla t peraga. getdusatk*-hasii penetitian ini, dapar disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakaanl at peragi lebih efektif dan bermaknad an disarankana gar guru SLT? melaksanakan pembelajaran menggunakan alat praga dan.-disarankan dilakukan penelitian febih lanjut dengan ruang lingkup yang lebih luas dan kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item