Perbandingan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dan metode NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran seni di SMPN 16 Malang / Feine Y. Kanarang - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dan metode NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran seni di SMPN 16 Malang / Feine Y. Kanarang

Kanarang, Feine Y. (2010) Perbandingan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dan metode NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran seni di SMPN 16 Malang / Feine Y. Kanarang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Hasil belajar siswa Metode NHT Metode Jigsaw Pembelajaran seni musik Nusantara Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Seni musik Nusantara sangatlah kurang karena bagi mereka sangat sulit mempelajarinya karena tidak adanya praktek langsung yang dilakukan siswa. Biasanya siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru saja tanpa melaksanakan praktek. Di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar siswa dituntut aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar untuk meraih prestasi di sekolah. Maka dari itu guru dan media serta interaksi antara guru siswa dan media juga sangat mendukung proses belajar mengajar. Adanya metode belajar NHT dan Jigsaw diharapkan dapt mewujudkan pembelajaran efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan metode NHT dengan Hasil belajar siswa yang menggunakan metode Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dengan Penelitian komparatif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMPN 16 Malang. Siswa kelas VIII B berjumlah 40 siswa dan kelas VIII C berjumlah 40 siswa. Hasil Penelitian (H0) Hasil belajar seni musik siswa yang menggunakan metode Jigsaw sama dengan hasil belajar seni siswa dengan menggunakan metode NHT. Saran peneliti untuk sekolah adalah Metode NHT dan Metode Jigsaw bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok Seni musik Nusantara. Sedangkan untuk peneliti lanjutan adalah peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini sehingga menjadi lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item