Pengembangan media Whats Abs berbasis android pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk SMA kelas X / Pandy Dwi Kurniawan

Kurniawan, Pandy Dwi (2018) Pengembangan media Whats Abs berbasis android pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk SMA kelas X / Pandy Dwi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kurniawan Pandy Dwi. 2018. Pengembangan Media Whats Abs Berbasis Android Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak untuk Sma Kelas X.Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Rustanto Rahardi M.Si (II) Mahmuddin Yunus S.Kom. M.Cs. Kata Kunci Android media pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Matematika adalah salah satu mata pelajaran SMA/MA/SMK/MAK tujuan pembelajaran matematika dijelaskan dalam standar isi Permendikbud no 64 tahun 2013. Proses pembelajaran tidak semata-mata berjalan lancer sesuai dengan standar isi Permendikbud banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep matematika.Berdasarkan wawancara dengan siswa SMAN 9 Malang dan pengalaman pribadi menjadi tentor matematika diketahui bahwa pada pembelajaran materi persamaan dan pertidaksamaan yang melibatkan nilai mutlak banyak siswa masih bingung membedakan konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dengan persamaan dan pertidaksamaan linear yang biasa.Siswa membutuhkan media pembelajaran yang praktis dan sesuai dengan teknologi saat ini.Berdasarkan hasil wawancara dan survei yang telah dilakukan makapeneliti merasa perlu membuat media pembelajaran berbasis Android sebagai alat bantu siswa memahami persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Salah satu cara membuat media pembelajaran berbasis android adalah dengan menggunakan Adobe Flash CS6. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi persamaan dan pertidaksaman nilai mutlak satu variabel yang valid praktis dan efektif. Jenispenelitian adalah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada materi persamaan dan pertidaksaman nilai mutlak satu variabel.Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model Research and Development (R D) tahapan Sugiyono dengan modifikasi. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu produk di uji cobakan kepada pengguna yaitu 10 siswa SMA untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk.Teknikanalisis data yang digunakanadalah teknik analisis dariHobri.Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data uji kevalidan teknik analisis data uji kepraktisan dan teknik analisis data uji keefektifan pada media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kevalidan di peroleh nilai validasi dari ahli materi yaitu 3 90 dan validasi dari ahli media yaitu 3 76 maka produk dikategorikan valid. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kepraktisan diperoleh nilai rata-rata dari penggunaadalah 3 68 maka produk dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil analisis data pada uji keefektifan diperoleh 90% pengguna mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan minimum maka produk dikategorikan efektif. Oleh karena itu media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item View Item