Efektivitas penggunaan teknik aversi berkondisi untuk meminimalisir conduct disorder anak tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2018) Efektivitas penggunaan teknik aversi berkondisi untuk meminimalisir conduct disorder anak tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khusnul, Khotimah.2018. Efektivitas Penggunaan Teknik Aversi Berkondisi Untuk Meminimalisir Conduct Disorder Untuk Anak Tunagrahita Di SDLB Negeri Kedungkandang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes. (II) Dr. Asep Sunandar, S.Pd., M.AP. Kata Kunci: perilaku conduct disorder, teknik aversi berkondisi, tunagrahita Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas 3 dengan hambatan tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang Malang ditemukan permasalahan mengenai perilaku salah satu siswa dengan inisial ÔÇ£SÔÇØ. Perilaku subjek sering disebut dengan istilah conduct disorder atau ketidakmampuan mengendalikan diri. Perilaku yang sering dilakukan yaitu berbicara kotor. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk memberikan solusi alternatif yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan teknik aversi berkondisi. Teknik aversi berkondisi adalah pemberian stimulus hukuman berdasarkan pengalaman anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mendeskripsikan conduct disorder anak sebelum dilakukan intevensi teknik aversi berkondisi, (2) mendeskripsikan conduct disorder anak setelah diberikan intervesi teknik aversi berkondisi, (3) mendeskripsikan pengaruh teknik aversi berkondisi terhadap meminimalisir conduct disorder anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode Single Subjek Research (SSR), desain multiple baseline cross condition. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi menggunakan teknik pencacatan kejadian (frekuensi) dengan waktu konstan. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui perubahan perilaku subjek adalah dengan menggunakan mean, level, trend dan latency. Mean pada baseline awal di kondisi kesatu berada pada angka 11 kali perilaku conduct disorder, pada kondisi kedua berada pada angka 12 kali perilaku conduct disorder dan pada kondisi ketiga berada pada angka 11 kali perilaku conduct disorder. Sedangkan pada fase intervensi rata-rata mengami penurunan yaitu 5 pada kondisi kesatu dan 3 pada kondisi kedua dan ketiga. Level pada penelitian ini berada pada nilai negatif namun pada kondisi mengalami kestabilan perilaku conduct disorder. Trend berada pada garis menurun karena intervensi efektif untuk menurunkan perilaku. Untuk latency tidak terlihat pada peneitian ini dikarenakan perilaku mengalami penurunan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik aversi berkondisi untuk meminimalisir conduct disorder anak tunagrahita di SDLB Negeri Kedungkandang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item