Fleksibilitas representasi matematis: studi kasus terhadap siswa berkemampuan matematis tinggi di kelas XII MIA 7 SMA Negeri 1 Lawang / Gusti Firda Khairunnisa

Khairunnisa, Gusti Firda (2018) Fleksibilitas representasi matematis: studi kasus terhadap siswa berkemampuan matematis tinggi di kelas XII MIA 7 SMA Negeri 1 Lawang / Gusti Firda Khairunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khairunnisa, Gusti Firda. 2018. Fleksibilitas Representasi Matematis: Studi Kasus Terhadap Siswa Berkemampuan Matematis Tinggi di Kelas XII MIA 7 SMA Negeri 1 Lawang. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Abdur Rahman AsÔÇÖari, M.Pd, M.A., (2) Dr. Hery Susanto, M.Si. Kata kunci: fleksibilitas representasi matematis, siswa berkemampuan matematis tinggi Hwang (2009), Bell (1978), serta Lesh, Post, & Behr (1987) menyatakan bahwa siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan memanipulasi dan menerjemahkan berbagai representasi dan cenderung memiliki fleksibilitas representasi yang baik. Namun, fakta yang berbeda peneliti temukan ketika melakukan penelitian pendahuluan di kelas XII MIA 7 SMA Negeri 1 Lawang. Siswa berkemampuan matematis tinggi tidak mampu membuat representasi visual dari masalah yang memuat representasi verbal. Adanya gap antara teori dan fakta ini merupakan suatu fenomena yang penting untuk diteliti lebih lanjut, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis fleksibilitas representasi matematis siswa berkemampuan matematis tinggi di kelas XII MIA 7 SMA Negeri 1 Lawang. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberi dua subjek berkemampuan matematis tinggi suatu lembar kerja uji fleksibilitas representasi matematis yang bertujuan untuk mengecek kemampuan siswa dalam mentranslasi representasi verbal ke representasi visual dan simbolik, mentranslasi representasi visual ke representasi verbal dan simbolik, dan mentranslasi representasi simbolik ke representasi visual dan verbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan matematis tinggi belum tentu memiliki representasi matematis yang baik pula. Hal ini ditunjukkan dengan (1) ketika mentranslasi ke representasi target yang berupa representasi visual, subjek cenderung membuat representasi simbolik barulah kemudian mengganti variabel yang ada dengan suatu gambar; (2) ditemukan ketidakkonsistenan dan ketidaktelitian yang dilakukan oleh subjek ketika menuliskan representasi target; (3) salah satu subjek juga salah menginterpretasikan representasi sumber berupa representasi verbal, sehingga representasi target yang dibuat memiliki makna yang berbeda dengan representasi sumber; dan (4) ketika mentranslasi representasi simbolik ke representasi visual dan verbal, subjek juga melewatkan informasi penting pada representasi sumber sehingga representasi target tidak sesuai dengan representasi sumber. Faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab kurangnya fleksibilitas representasi matematis subjek adalah kesalahan interpretasi, literasi bahasa, tidak terbiasa berinteraksi dengan bentuk representasi selain representasi simbolik, math maturity, dan jenis kemampuan intelektual yang dimiliki subjek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15651

Actions (login required)

View Item View Item