Pengembangan LKS bercirikan teori Bruner berbantuan Geogebra Graphing Calculator materi Limit Fungsi siswa kelas XI MA Muhammadiyah Malang / Fitriah Aprilianti

Aprilianti, Fitriah (2018) Pengembangan LKS bercirikan teori Bruner berbantuan Geogebra Graphing Calculator materi Limit Fungsi siswa kelas XI MA Muhammadiyah Malang / Fitriah Aprilianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilianti, Fitriah. 2017. Pengembangan LKS Bercirikan Teori Bruner Berbantuan GeoGebra Graphing Calculator Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XI MA Muhammadiyah Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc., (2) Dra. Santi Irawati, Ph.D. Kata Kunci: LKS, Teori Bruner,GeoGebra Graphing Calculator. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru dan pemberian angket kepada siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Malang, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan siswa MA masih mengalami kesulitan dalam memahami limit fungsi aljabar. Nilai ulangan matematika materi limit fungsi aljabar dari 70% siswa MA masih belum mencapai KKM yaitu 75. Guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain mencoba berbagai metode pembelajaran dan memberikan soal latihan. Menurut siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Malang, media yang digunakan oleh guru hanya papan tulis dan power point. Untuk mendorong siswa aktif memanipulasi media dan menanamkan konsep limit fungsi, diperlukan suatu petunjuk kerja dan soal-soal yang dapat mendorong menemukan konsep itu sendiri yaitu Lembar Kegiatan Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS bercirikan teori Bruner berbantuan GeoGebra Graphing Calculator materi limit fungsi aljabar yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D oleh Thiagarajan namun tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI MA Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini berupa LKS bercirikan teori Bruner berbantuan GeoGebra Graphing Calculator materi limit fungsi aljabar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan LKSditunjukkan oleh hasil validasi oleh validator ahli dengan rata-rata 3,21. Kepraktisan LKS ditunjukkan oleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mendapatkan rata-rata 3,09 dan 3,73 berturut-turut. keefektifan LKS ditunjukkan oleh 83,3% siswa memenuhi KKM pada tes penguasaan materi dan 83,3% respon positif pada angket respon siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item