Pengaruh penggunaan media video terhadap capaian pesan dalam dongeng fabel pada siswa SMP Negeri 2 Wlingi / Aldintio Wendhi Permana Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media video terhadap capaian pesan dalam dongeng fabel pada siswa SMP Negeri 2 Wlingi / Aldintio Wendhi Permana Putra

Permana, Aldintio Wendhi (2017) Pengaruh penggunaan media video terhadap capaian pesan dalam dongeng fabel pada siswa SMP Negeri 2 Wlingi / Aldintio Wendhi Permana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Aldintio Wendhi Permana. 2016.PengaruhPenggunaan Media Video TerhadapCapaianPesanDalamDongengFabelBagiSiswa SMP Negeri 2 Wlingi. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sulton M.Pd (II) ArafahHusna S.Pd M.MedKom Kata Kunci CapaianPesan DongengFabel Pretest-Posttest group design Model pembelajaranadalahsalahsatukomponendalampembelajaran implementasi model yang benarakanmembantu guru menyampaikanmateridanmencapaitujuanbelajar yang efektif. Salah satu modeluntukkelaseksperimenmenggunakan media video sedangkanuntukkelaskontrolyang digunakanadalahmodel siswabelajarmenemukanpengetahuannyasendiridengandibantuoleh gurudankelaseksperimenmenggunakan media video. Tujuandaripenelitianinimembuktikanapakahadapengaruhpenggunaan media videoterhadaphasilbelajarsiswa SMP Negeri2 Wlingipadamatapelajaran Bahasa Indonesia matericapaianpesantahunajaran 2015/2016. VII A sebagaikelaseksperimenyang menggunakan media video dankelas VII B sebagaikelas control yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahquasy experiment denganrancanganpretest-posttest group design. Model pembelajaran yang di bandingkanadalahpembelajarankonvensionalpadakelaskontroldan model pembelajaran yang menggunakan media video padakelaseksperimen. Sebelumpenelitiandilakukanterlebihdulumelakukanujicobatesuntukmengetahuivaliditas tarafkesukaran dayabedabutirsoaldanreliabilitasterhadaptes yang di lakukanterhadapsiswa. Dari 30 soal ada 14 soal yang tidakgugurdandigunakansebagaiteshasilbelajar. Penelitianmenghasilkannilai rata-rata yang berbedadarikelaseksperimendankelaskontrolyaitu 81 67 dan 73 04. Setelahpenelitiandilakukanujinormalitas ujihomogenitasdanuji-t. kelas VII A dan VII B normal danhomogeny kemudiandilakukanuji-t. Hasilnyayaitut_hit 8805 t_tabel (2 706 8805 2 00001) maka H0 ditolakdan H1 diterima. Hal inimenunjukanbahwahasilbelajarkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol. Denganinidapatdisimpulkanbahwa model pembelajarandenganmenggunakan media videoberpengaruhterhadaphasilbelajarBahasa Indonesiasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item