Self regulated learning siswa SMP kelas VIII pada saat mereka belajar matematika yang menggunakan metode diskusi dan refleksi / Muhammad Rizaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Self regulated learning siswa SMP kelas VIII pada saat mereka belajar matematika yang menggunakan metode diskusi dan refleksi / Muhammad Rizaldi

Rizaldi, Muhammad (2018) Self regulated learning siswa SMP kelas VIII pada saat mereka belajar matematika yang menggunakan metode diskusi dan refleksi / Muhammad Rizaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizaldi Muhammad. 2017. Self Regulated Learning Siswa SMP Kelas VIII pada Saat Mereka Belajar Matematika yang Menggunakan Metode Diskusi dan Refleksi. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Susiwo M.Si Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd Kata Kunci Self regulated learning metode diskusi dan refleksi. Self regulated learning adalah kemampuan siswa untuk mengatur strategi pembelajaran dan menerapkannya. Terdapat tiga aspek self regulated learning yaitu metakognisi motivasi dan perilaku. Metakognisi adalah kemampuan siswa dalam merencanakan mengorganisasikan atau mengatur menginstruksikan diri memonitor serta melakukan evaluasi dalam aktivitas belajar. Motivasi adalah pendorong yang ada pada diri siswa yang mencakup persepsi terhadap diri sendiri dalam aktivitas belajar. Perilaku adalah upaya atau aplikasi dari metakognisi siswa. Upaya guru untuk memunculkan self regulated learning siswa dengan memberikan metode belajar yaitu metode diskusi dan refleksi. Metode diskusi dan refleksi adalah pembelajaran yang diawali pada diskusi kelompok untuk membahas materi yang akan dipelajari dan diakhiri dengan refleksi pembelajaran yaitu dengan menjawab pertanyaanpertanyaan pada lembar refleksi yang berisi kesan pada saat belajar mengetahui pada bagian mana siswa mengalami kesulitan dan menuliskan yang telah dia pelajari selama pembelajaran. Melalui metode ini siswa dapat bekerja kelompok dan memperbaiki diri sendiri maupun bersama teman sebaya dengan diskusi untuk menjawab dan menyelesaikan pertanyaan atau permasalahan dari guru serta membangun aktifitas-aktifitas evaluasi dengan refleksi pada akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self regulated learning siswa yang menggunakan metode diskusi dan refleksi. Enam dari tiga puluh dua siswa akan mewakili untuk dideskripsikan. Pendeskripsian tersebut akan dikaitkan ke beberapa hal yaitu pengaruh metode diskusi dan refleksi terhadap self regulated learning pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar dan pengaruh self regulated learning siswa terhadap karakteristik siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan metode diskusi dan refleksi dapat memunculkan self regulated learning siswa yang memiliki motivasi belajar matematika. Siswa menetapkan tujuan belajar dahulu pada saat belajar. Siswa juga merencanakan kegiatan yang akan dilakukan pada saat belajar. Siswa memotivasi dirinya dengan kegiatan yang membuat siswa nyaman pada saat belajar. Siswa mengatur konsentrasi mereka dan mengatasi penyebab yang membuat siswa tidak konsentrasi pada saat belajar. Siswa menggunakan cara belajar tertentu seperti merangkum hasil belajarnya dengan mencatat point-point yang penting. Siswa mencari bantuan apabila siswa mengalami kesulitan pada saat belajar. Siswa dapat mengevaluasi pembelajarannya. Siswa memiliki semangat dan dorongan pada saat belajar matematika. Namun siswa yang tidak memiliki motivasi untuk belajar matematikatidak akan belajar karena siswa motivasi merupakan kebutuhan dasar untuk melakukan suatu perbuatan seperti belajar matematika. Selain itu ketika siswa melakukan aspek-aspek self regulated learning maka siswa tersebut akan memperoleh hasil belajar yang baik berupa pemahaman materi yang dipelajari dan menunjukkan karakteristik self regulated learning yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item