Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi perbandingan untuk siswa kelas VIII / Teresia Ria Fani Setya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi perbandingan untuk siswa kelas VIII / Teresia Ria Fani Setya

Setya, Teresia Ria Fani (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi perbandingan untuk siswa kelas VIII / Teresia Ria Fani Setya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setya T. R. F. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Saintifik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd (II) Dahliatul Hasanah S.Si M.Math.Sc. Kata Kunci perangkat pembelajaran berbasis saintifik model pembelajaran kooperatif STAD perbandingan. Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013. Dengan adanya kurikulum 2013 diharapkan siswa dapat memahami materi yang mereka pelajari dan berperan aktif dalam proses pembelajaran dimana proses pembelajarannya terdiri dari 5 pengalaman belajar yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan. Model pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran berbasis saintifik salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif STAD karena model pembelajaran kooperatif STAD ini menekankan pada adanya aktivitas siswa dan interaksi siswa. Model pembelajaran ini terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) presentasi kelas (2) diskusi kelompok (3) kuis (4) penghitungan skor kemajuan individual dan (5) penghargaan kelompok. Kegiatan 5M dalam pendekatan saintifik ini terdapat dalam tahap diskusi kelompok pada model pembelajaran kooperatif STAD. Untuk itu dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran berbasis saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah membuat perangkat pembelajaran berbasis saintifik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD pada materi perbandingan yang valid praktis dan efektif. Proses untuk memperoleh hasil pengembangan yaitu berdasarkan model pengembangan Plomp yang meliputi (1) tahap penelitian awal (2) tahap pengembangan (3) tahap penilaian. Uji kevalidan dilakukan dengan pengisian lembar validasi oleh 2 validator yaitu seorang dosen matematika dengan pendidikan minimal S2 sebagai validator ahli dan seorang guru matematika dengan pendidikan minimal S1 sebagai validator praktisi. Uji kepraktisan produk dilakukan dengan menganalisa hasil pengisian lembar observasi kegiatan guru dan menganalisa hasil pengisian lembar observasi kegiatan siswa oleh observer yaitu terdiri dari dua orang observer yang sedang menempuh S1 Pendidikan Matematika. Uji keefektifan dilakukan oleh pengembang dengan melakukan tes kepada 32 siswa SMP Laboratorium UM kelas VIII-A juga dengan menganalisa hasil pengisian angket respon oleh siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS adalah 3 37 dengan kriteria valid (2) skor kepraktisan RPP adalah 3 67 dengan kriteria praktis dan skor kepraktisan LKS adalah 3 65 dengan kriteria praktis dan (3) uji keefektifan dinyatakan efektif yang ditunjukkan dengan hasil pengisian angket respon oleh siswa dengan skor 3 44 mendapat respon positif atau baik dan 84 37 % siswa mendapatkan nilai akhir lebih dari atau sama dengan 75. Data-data tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian pengembangan ini yang berupa RPP yang dilengkapi dengan LKS telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan pengembang tetap melakukan revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan. ABSTRACT Setya T. R. F. 2017. Development of Scientific Approach-Based Learning Instruments by Using STAD Cooperative Learning Model in Proportion Material for Students of Grade VIII. Undergraduate Thesis Mathematics Departement Mathematics and Science Faculty State University of Malang. Advisor (I) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd (II) Dahliatul Hasanah S.Si M.Math.Sc. Keyword learning instruments scientific based learning STAD cooperative learning model proportion Nowadays the curriculum that applied in Indonesia is curriculum of 2013. Based on curriculum 2013 students are expected to understand the material they learn and active in the learning process with 5 learning experiences observe ask collect information associate and communicate. Learning model that facilitate scientific approach one of them is STAD Cooperative Learning Model because STAD Cooperative Learning Model emphasizes on the student activity and students interaction. This learning model consists of several stages (1) whole-class presentation (2) group discussion (3) quiz (4) Counting of individual improvement score (5) group recognition. 5M activities in the scientific approach are in discussion groups on STAD cooperative learning model. That requires learning instruments by using scientific approach- based STAD cooperative learning model. Products of the development are lesson plan equipped with student activity worksheet which are based on scientific approach by using STAD cooperative learning model. The objective of this development research is to create scientific approach- based learning instruments on proportion material that are valid practical and effective. The process to obtain results of the development is based on Plomp s development model which includes (1) preliminary phase (2) prototyping phase (3) assessment phase. The validity test is done by filling validation sheet by a lecture in mathematics education as an expert validator and teacher as practical validator. Practicality test is done by analyzing the result of observation of teacher activity and student activity which is filled by two observes who are studying S1 Mathematics Education. The effectiveness test is done by doing a competence test to 32 students of SMP Laboratorium UM Grade VIII-A also by analyzing the results of the student s respond questionnaires Based on data analysis researcher obtains results as follows (1) the validity score of lesson plan and student activity worksheet is 3 37 with valid criteria. (2) The practicality score of the lesson plan is 3 67 with practical criteria and practicality score of worksheet is 3 65 with practical criteria and (3) the effectiveness of learning instruments based of score of student s respond questionnaire is 3 44 and 84 37% since all of students get final score greater than or equal to 75. The data shows that the result of this development is valid practical and effective. Even though the developed learning instruments have satisfied valid practical and effective criteria researcher revises the product based on comment and suggestion from validators and the results of conducted experiment for improving the developed product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15647

Actions (login required)

View Item View Item