Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi untuk kelas VII SMP berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Sailah Ar Rizka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi untuk kelas VII SMP berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Sailah Ar Rizka

Rizka, Sailah Ar (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi untuk kelas VII SMP berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Sailah Ar Rizka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizka Sailah Ar. 2016. PengembanganPerangkatPembelajaranGeometriTransformasiuntukKelas VII SMP BerbasisPendekatanSaintifikdenganMenggunakan Model PenemuanTerbimbing.Skripsi. JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci perangkatpembelajaran pendekatansaintifik model penemuanterbimbing geometritransformasi Pembelajarangeometriperludilaksanakansehinggapesertadidikdapatmenemukankonsepgeometrisecaraaktifdanmandiriberdasarkanpengalamannya sehinggakonseptersebutakanbertahanlebih lama. Pembelajaran yang demikiandapatdifasilitasioleh model penemuanterbimbing. Namun hampir 80 persenpembelajaranMatematika di Indonesia diselenggarakandenganmetodeceramah(Puspitarini 2014). Perangkatpembelajaransebagaialatpentingdalammelaksanakankegiatanpembelajaranmasihmemerlukanperbaikan. Berdasarkanobservasiawal deskripsilangkahpembelajaranpadamasing-masingfasependekatansaintifikpada RPP belumdipaparkansecaraspesifik. KonsepmatematikapadaLKS yang digunakanjuga lebihbanyakberupapenjelasantertulissehinggatidaksesuaidenganpendekatansaintifik sertaLKS hanyadigunakansebagailatihanuntukpemantapanatasmateri yang telahdipelajari. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakan model penemuanterbimbing yang valid praktis danefektif. Perangkatpembelajaran yang dikembangkanmeliputiRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) danLembarKegiatanSiswa (LKS). Penelitianinimenggunakan model plompdalammengembangkanperangkatpembelajaran. Model plompterdiriatas(1) fase investigasi (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi (5) fase implementasi (Hobri 2010 17). Namunfaseimplementasitidakdilaksanakankarenaketerbatasanbiayadanwaktu. Padapenelitianini dilakukanujikevalidan ujikepraktisan danujikeefektifanuntukmengetahuikualitasperangkatpembelajaran yang dikembangkan. Ujikevalidandilakukandenganpengisianlembarvalidasiolehseorang dosenjurusanmatematika dengan pendidikan minimal S2 dan seorang guru matematika SMP dengan pendidikan minimal S1 danpengalaman mengajar minimal tiga tahun. Ujikepraktisandilakukandenganpengisianlembarobservasiketerlaksanaanperangkatpembelajaranpadasaatdilakukanujicobalapanganolehseoranggurumatematika SMP denganpendidikan minimal S1 danpengalamanmengajarminimal 3 tahundan seorang observer yang sedang menempuh S1 Pendidikan Matematika. Ujikeefektifandilakukandenganpelaksanaanujikompetensisetelahdilakukanujicobalapangansertapengisian angketresponpesertadidikoleh 30 pesertadidik SMP yang menjadisubjekpenelitian. Berdasarkananalisis data diperolehhasilbahwa (1) perangkatpembelajarandinyatakan valid denganskorkevalidan RPP dan LKS berturut-turutadalah3.3 (skala 4)dan 3.5275 (skala 4) (2) perangkatpembelajarandinyatakanpraktisdenganskorketerlaksanaan RPP dan LKS berturut-turutadalah 3.4 (skala 4)dan 3.43 (skala 4) dan (3) perangkatpembelajarandinyatakanefektifdengan80% pesertadidikmemperolehnilai minimal 75padaujikompetensidan 90% pesertadidikmemberikanresponpositif. Dengandemikian perangkatpembelajarangeometritransformasiberbasispendekatansaintifikdenganmenggunakan model penemuanterbimbing yang telahdikembangkanmemenuhikriteria valid praktis danefektif.Namun beberaparevisidilakukanberdasarkankomentardan saran yang diberikanuntukmenyempurnakanperangkatpembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15640

Actions (login required)

View Item View Item