Ma'arif, Nanang Cholis (2016) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi segitiga dan segiempat untuk SMP kelas VII / Nanang Cholis Ma'arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ma arif Nanang Cholis. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat untuk SMP Kelas VII. Skripsi JurusanMatematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Askury M.Pd (II) Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata Kunci media pembelajaran Android segitiga dan segiempat Matematikaadalah salah satu mata pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah tetapi siswa kesulitan dalam memahami konsep belajar matematika.Berdasarkanhasilwawancarakepada beberapa siswakelas VII SMPN 21 Malang diperolehbahwa siswabelum memahami konsep tentang luas dan keliling serta sifat-sifat segitiga dan segiempat. Buku pelajaran matematika yang ada belum menjamin siswa dapat memahami segitiga dan segiempat maka siswa membutuhkan media pembelajaran yang praktis dan sesuai dengan teknologi saat ini. Selain itu berdasarkan hasil survei terhadap 8 siswa 7 siswa telah memiliki smartphone berbasis Android dan digunakan sebagai hiburan bukan sebagai edukasi.Berdasarkan hasil wawancara dan survei yang telah dilakukan makapeneliti merasa perlu membuat media pembelajaran berbasis Androidsebagai alat bantu siswa memahami segitiga dan segiempat. Salah satu cara membuat media pembelajaran berbasis android adalahdengan menggunakan Adobe Flash CS6. Pengembanganinibertujuanuntukmengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi segitiga dan segiempat yang valid praktis dan efektif. Jenispenelitian adalah penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Androidpada materi segitiga dan segiempat.Pengembangan yang dilakukan mengacu pada model Research and Development (R D) tahapan Sugiyono dengan modifikasi. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selain itu produk di uji cobakan kepada pengguna yaitu 10 siswa SMP untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan produk.Teknikanalisis data yang digunakanadalah teknik analisis dariHobri.Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data uji kevalidan teknik analisis data uji kepraktisan dan teknik analisis data uji keefektifan pada media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kevalidan di peroleh nilai validasi dari ahli materi yaitu 3 63 dan validasi dari ahli media yaitu 3 71 maka produk dikategorikan valid. Berdasarkan hasil analisis data pada uji kepraktisan diperoleh nilai rata-rata dari penggunaadalah 3 76 maka produk dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil analisis data pada uji keefektifan diperoleh 90% pengguna mendapatkan nilai diatas standar ketuntasan minmum maka produk dikategorikan efektif. Oleh karena itu media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15639 |
Actions (login required)
View Item |