Pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Novi Tyas Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Novi Tyas Saputri

Saputri, Novi Tyas (2016) Pengembangan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial untuk siswa SMP kelas VII / Novi Tyas Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Novi Tyas. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Mobile Learning pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata kunci Media Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Mobile Learning Aritmatika Sosial Aritmatika sosial merupakan materi matematika terkait kehidupan sosial terutama penggunaan uang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun siswa masih kesulitan dalam memahami materi aritmatika sosial. Faktor penyebab siswa kesulitan memecahkan masalah aritmatika sosial diantaranya adalah (a) kemampuan siswa dan pemahaman konsep dasar aritmatika yang masih rendah (b) kurang penghayatan dalam membaca soal dan (c) ketidakmampuan menganalisis soal cerita.Berdasarkan hasil observasi guru masih banyak mendominasi pembelajaran. Dominasi guru menyebabkan siswa bosan mengikuti pelajaran tidak mengetahui manfaat mempelajari materi siswa kurang tertarik dan siswa menjadi pasif. Guru dapat menggunakan pendekatan realistic mathematic educationdalam aktivitas pembelajaran untuk membuat siswa mengetahui manfaat mempelajari materi dan menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan memecahkan masalah aritmatika sosial. Selanjutnya penggunaan media dapat membuat siswa tidak bosan tertarik dan aktif mengikuti pelajaran. Smartphonedapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat genggam seperti smartphone disebut mobile learning. Pembelajaran denganmobile learning dapat membuat siswa belajar dimanapun dan kapanpun. Berdasarkan uraian di atas tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial yang valid efektif dan praktis. Media yang dihasilkan diharapkan dapat membantu siswa memahami materi aritmatika sosial dengan bantuan perangkat mobile. Model penelitian dan pengembangan ini adalah model Plomp yang terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/ konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Media yang dikembangkan sudah melalui uji validitas uji reliabilitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan produk yang dikembangkan merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi yaitu materi aritmatika sosial. Materi pada media pembelajaran menggunakan pendekatan RMEyang memuat langkah mengamati menyelesaikan membandingkan dan menyimpulkan. Media dikatakan valid dengan skor hasil validasi 3 55. Media dikatakan efektif dengan hasil observasi kegiatan siswa dengan skor 3 48 80% siswa memperoleh nilai minimum 75 dan skor angket respon siswa 3 76. Media dikatakan praktis dengan skor hasil observasi kegiatan guru 3 5. Sehingga tujuan penelitian dan pengembangan sudah terpenuhi yaitu mengembangkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan mobile learning pada pokok bahasan aritmatika sosial yang valid efektif dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item