Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMA / Iska Agustina

Agustina, Iska (2016) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi perbandingan trigonometri kelas X SMA / Iska Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina, Iska. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M. Si, (II) Mahmuddin Yunus, M. Kom, M. Cs. Kata Kunci: media pembelajaran berbantuan komputer, perbandingan trigonometri, puzzle Trigonometri merupakan salah satu materi pelajaran matematika yang sulit untuk dipelajari. Berdasarkan angket yang diberikan kepada 32 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Blitar, 46,875% menjawab trigonometri adalah materi yang sulit untuk dipelajari. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar ini adalah dengan mengerjakan latihan soal berulang kali. Cara ini termasuk metode drill yang bertujuan melatih kecakapan siswa sehingga siswa menguasai materi. Salah satu jenis media adalah media pembelajaran berbantuan komputer. media ini memadukan dua atau lebih komponen seperti teks, gambar, animasi, dan lain-lain. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer pada materi perbandingan trigonometri. Perbandingan trigonometri difokuskan pada sinus, kosinus, dan tangen untuk sudut-sudut istimewa pada semua kuadran. Media yang dikembangkan memuat materi dan latihan soal yang bersifat drill. Latihan soal berupa permainan dan ditampilkan dalam tabel dan puzzle. Soal dijawab dengan prinsip drag and drop. Siswa perlu menarik (drag) jawaban dan menaruh (drop) pada tempat yang telah disediakan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang didesain oleh Thigarajan dengan modifikasi yaitu dengan hanya melakukan tiga tahap awal (tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan). Dalam penelitian ini dilakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk mengetahui kualitas media yang dikembangkan. Hasil uji kevalidan diperoleh 3,785 untuk validasi ahli materi dan 3,4 untuk validasi ahli media. Berdasarkan kriteria kevalidan, media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan. Revisidilakukan sesuai dengan komentar dan saran validatoruntuk menyempurnakan media. Hasil uji kepraktisan diperoleh 3,52. Berdasarkan kriteria kepraktisan, media pembelajaran yang dikembangkan telah praktis dan layak digunakan. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 90% siswa dapat menyelesaikan semua level permainan. Berdasarkan kriteria keefektifan, media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif. Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga media ini dapat digunakan oleh siswa untuk mempelajari materi perbandingan trigonometri. 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item