Pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat berciri Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP kelas VII / Lia Rohmatul Ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat berciri Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP kelas VII / Lia Rohmatul Ummah

Ummah, Lia Rohmatul (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat berciri Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa SMP kelas VII / Lia Rohmatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ummah Lia Rohmatul. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segiempat Berciri Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Dwiyono M.Pd. Ph.D Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd Kata Kunci Perangkat pembelajaran Reallistic Mathematics Education (RME) Matematika merupakan ilmu yang terstruktur dengan keterkaitan antar konsep yang kuat satu dengan yang lainnya. Pada setiap jenjang matematika memiliki tingkat kesulitan berbeda dan dari kesulitan tersebut memunculkan suatu masalah tersendiri dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan pembelajaran matematika sekolah tidak hanya pengetahuan dan kemampuan dalam bidang matematika akan tetapi siswa memiliki ketrampilan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat berciri Reallistic Mathematics Education (RME) yang valid praktis dan efektif untuk siswa SMP kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dilengkapi Lembar Kerja Siswa untuk setiap pertemuan dan lembar Uji kompetensi di setiap akhir pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran pokok bahasan keliling dan luas segiempat ini adalah model pengembangan Plomp dengan modifikasi. Hasil analisis data validasi perangkat pembelajaran yang diperoleh dari penilaian validator ahli dan validator praktisi memiliki persentase 87 5%. Berdasarkan hasil analisis data validasi lembar uji kompetensi I diperoleh persentase 90 62% sedangkan presentase lembar uji kompetensi II diperoleh 92 18% dan persentase lembar uji kompetensi III diperoleh 92 85%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini dinyatakan valid.Hasil analisis uji kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari persentase penilaian respon siswa pada masing- masing butir disimpulkan bahwa siswa mudah mengikuti kegiataan pembelajaran sedangkan persentase penilaian keterlaksanaan pembelajaran 86.45% jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran keliling dan luas segiempat praktis digunakan. Data hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil tes evaluasi belajar subjek uji coba lapangan. Berdasarkan analisis data hasil tes evaluasi belajar siswa dapat diketahui bahwa nilai rerata semua siswa sebagai subjek uji coba di atas 75. Sehingga dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item