Pengembangan multimedia interaktif e-module dengan pendekatan saintifik materi perbandingan trigonometri bagi peserta didik kelas X SMA Terbuka Kepanjen TKB Tumpang / Elyta Dia Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif e-module dengan pendekatan saintifik materi perbandingan trigonometri bagi peserta didik kelas X SMA Terbuka Kepanjen TKB Tumpang / Elyta Dia Cahyanti

Cahyanti, Elyta Dia (2016) Pengembangan multimedia interaktif e-module dengan pendekatan saintifik materi perbandingan trigonometri bagi peserta didik kelas X SMA Terbuka Kepanjen TKB Tumpang / Elyta Dia Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyanti E.D. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif E-Module dengan Pendekatan Saintifik Materi Perbandingan Trigonometri bagi Peserta Didik Kelas X SMA Terbuka Kepanjen TKB Tumpang.Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. (II) Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom. Kata kunci perbandingan trigonometri pendekatan saintifik modul multimedia interaktif android. Perbandingan Trigonometri merupakan salah satu materi dalam pelajaran Matematika Kelas X SMA/sederajat. Berdasarkan hasil wawancara kuisioner dan penelitian terdahulu diperoleh fakta bahwa banyak terjadi kesalahan konsep oleh peserta didik dalam pembelajaran trigonometri. Di sisi lain cara belajar sekedarnya tanpa memperhatikan keruntutan materi karenaketerbatasan waktu pembelajaran formal turut menjadi penyebab kesalahan tersebut. Banyak penelitian membuktikan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menekankan proses belajar dapat mengurangi terjadinya kesalahan konsep yang dialami oleh peserta didik. Di samping itu penerapan prinsip pembelajaran dengan modul yang dapat dilakukan secara mandiri dan menuntut ketuntasan setiap unit pembelajaranbisa menjadi solusi dalam mengatasi keterbatasan waktu yang tersedia dalam pembelajaran formal dan ketidakruntutan dalam belajar. Penggunaan multimedia interaktif yang dapat memperjelas penyampaian materi melalui komunikasi dua arah dan sajian dengan lebih menariksebagai salah satu bentuk e-learningmuncul karena pesatnya perkembangan teknologi. Disamping itu penggunaan tablet maupun smartphone sistem operasi android sudah menjadi hal biasa di kalangan masyarakat. Berdasarkan kompleksitas masalah dan alternatif yang ada maka dikembangkan aplikasi multimedia interaktif dalam bentuk modul digital dengan pendekatan saintifik pada materi Perbandingan Trigonometri yang valid praktis dan efektif.Model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan diadaptasi dari model pengembangan 3D dari 4D oleh Thiagarajan dkk. (1974) yaitudesign define dandevelop. Modifikasi dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian dan dana yang tersedia. Dalam mengembangkan aplikasi ini digunakan AdobeFlashCS6 yang terintegrasi dengan AdobeAIR. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi dengan nama E-Module Perbandingan Trigonometri berekstensi .apk yang dapat dijalankan padaandroid versi 4.0ICS ke atas. Aplikasi E-Module Perbandingan Trigonometri telah diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya oleh validator dan pengguna selama penelitian pada bulan Januari hingga Maret tahun 2016. Hasil validasi diperolehskor kevalidan 4 04 oleh ahli materi dan 4 36 oleh ahli media skor kepraktisan 4 14 oleh ahli praktisi lapangan dan keefektifan 90% dari segi respon positif dan hasil tes pemahaman materi oleh peserta didik SMA Terbuka Kepanjen TKB Tumpang dan non-SMA Terbuka. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item View Item