Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah geometri ruang kelas X SMA Negeri 1 Talun / Reny Eka Nur Afrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah geometri ruang kelas X SMA Negeri 1 Talun / Reny Eka Nur Afrianti

Afrianti, Reny Eka Nur (2016) Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah geometri ruang kelas X SMA Negeri 1 Talun / Reny Eka Nur Afrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afrianti RenyEkaNur. 2016. Proses BerpikirSiswadalamPemecahanMasalahGeometriRuangKelas X SMA Negeri 1 Talun. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. ErryHidayanto M.Si (II) AningWidaYanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Proses Berpikir PemecahanMasalah. Kemampuanpemecahanmasalahmerupakansalahsatutujuandaridiberikannyapembelajaranmatematikasekolah.Disampingitu geometriruangmerupakansalahsatubahasandalamsekolahmenengah.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifyang bertujuanuntukmendeskripsikan proses berpikirsiswadalampemecahanmasalahgeometriruang. Materipokok yang dipilihadalahjarakantartitik garis danbidangpadakelas X SMA. Selanjutnyauntukmempermudahmendeskripsikan proses berpikirdalampemecahanmasalah makadigunakanteorisebagailandasanyaitu proses berpikirasimilasidanakomodasi PiagetdantahapanpemecahanmasalahPolyayang meliputi(1) memahamimasalah (2) menyusunrencanapenyelesaian (3)melaksanakanrencanapenyelesaian (4) memeriksakembalipenyelesaian. Penelitianinidimulaidenganmemberikanteskepadasiswakelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Talun.Berdasarkanhasiltes siswadibagimenjadi 3 kelompok.Selanjutnyadiambil 1 subjekpenelitiandarikelompoktinggi 2 subjekpenelitiandarikelompoksedang dan 1 subjekpenelitiandarikelompokrendahdenganmempertimbangkankemampuankomunikasisiswa.Keempatsubjekpenelitiandiwawancaraiolehpenulis. Hasilpenelitianinidiperoleh proses berpikirsiswakelompoktinggiadalah (1) siswadapatmemahamimasalahmelaluiasimilasi (2) siswadapatmenyusunrencanapenyelesaianmelaluiasimilasiatauakomodasi (3) siswadapatmelaksanakanrencanapenyelesaianmelaluiasimilasiatauakomodasi (4) siswadapatmemeriksakembalipenyelesaianmelaluiasimilasiatauakomodasi. Proses berpikirsiswakelompoksedangadalah (1) siswadapatmemahamimasalahmelaluiasimilasi (2) siswabelumdapatmenyusunrencanapenyelesaianuntukmasalah yang dianggapsulit tetapisiswadapatmenyusunrencanapenyelesaianuntukmasalah yang dianggapmudahmelaluiasimilasi (3) siswabelumdapatmelaksanakanrencanapenyelesaianuntukmasalah yang dianggapsulit tetapisiswadapatmelaksanakanrencanapenyelesaianuntukmasalah yang dianggapmudahmelaluiasimilasi (4) siswabelumdapatmemeriksakembalipenyelesaianuntukmasalah yang dianggapsulit tetapisiswadapatmemeriksakembalipenyelesaianuntukmasalah yang dianggapmudahmelaluiasimilasi. Proses berpikirsiswakelompokrendahadalah (1) siswabelumdapatmemahamimasalahmelaluiasimilasi (2) siswabelumdapatmenyusunrencanapenyelesaianmasalahmelaluiakomodasi (3) siswabelumdapatmelaksanakanrencanapenyelesaianmasalahmelaluiakomodasi (4) siswabelumdapatmemeriksakembalipenyelesianmasalahmelaluiakomodasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item