Pengembangan modul pembelajaran teorerma pythagoras dengan berpijak pada problem solving untuk siswa kelas VIII / Maria Liza Atika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran teorerma pythagoras dengan berpijak pada problem solving untuk siswa kelas VIII / Maria Liza Atika

Atika, Maria Liza (2016) Pengembangan modul pembelajaran teorerma pythagoras dengan berpijak pada problem solving untuk siswa kelas VIII / Maria Liza Atika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Liza Maria. 2012. Pengembangan Modul Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan berpijak pada Problem Solving untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Pd. (II) Dr. I Nengah Parta M. Pd. Kata kunci modul teorema pythagoras Modul merupakan suatu paket belajar mandiri yang berisikan materi dan latihan yang disusun secara sistematis sehingga siswa dapat segera mengetahui dan mengevaluasi hasil belajarnya serta memperbaiki kesalahannya. Dengan modul siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul teorema pythgoras. Materi teorema pythagoras merupakan salah satu bahan kajian siswa SMP kelas VIII. Uraian materi dalam modul berpijak pada KTSP dan aspek standar proses pemecahan masalah. Modul yang dikembangkan terdiri dari 3 unit yaitu (1) teorema pythagoras (2) kebalikan teorema pythagoras tripel pythagoras (3)perbandingan sisi segitiga siku-siku istimewa. Modul teorema pythagoras yang dikembangkan telah divalidasi dan diiujicobakan untuk memperleh bagian-bagian modul yang perlu direvisi. Modul telah divalidasi oleh 1 orang dosen Universitas Negeri Malang dan 1 orang guru SMP bidang studi Matematika. Uji coba modul melibatkan 10 orang siswa SMP Frateran Celaket 21 Malang kelas VIII. Hasil validasi maupun uji coba menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan adalah bagus. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu (1) memunculkan aspek pemecahan masalah (2)kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran (3) kemudahan memahami petunjuk modul. Adapun kelemahannya yaitu modul ini baru sampai pada tahap uji coba kepada 10 siswa dan belum diujicobakan kepada siswa dalam kelompok besar. Pengembangan modul ini diharapkan dapat memperkaya dunia pendidikan khususnya bidang matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item