Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi peluang kelas X SMK / Fajar Maulana Rahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi peluang kelas X SMK / Fajar Maulana Rahmad

Rahmad, Fajar Maulana (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi peluang kelas X SMK / Fajar Maulana Rahmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Fajar. 2016.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Materi Peluang Kelas X SMK. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sisworo Dr. M.Si (II) Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom Kata kunci Macromedia Flash Adobe Photoshop materi peluang. Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang menjadi landasan beberapa ilmu pendidikan lainnya. Dalam pembelajaran matematika hendaknya peserta didik diajak mempelajari konsep matematika dari hal kongkrit menuju hal abstrak agar dapat memahami konsep yang dipelajari lebih mudah. Sebagian peserta didik dapat menghafal rumus tetapi menggunakannya dalam menyelesaikan permasalahan nyata akan menjadi kendala sendiri bagi peserta didik. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran perasaan perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Salah satu software yang berbasis komputerdan dapat digunakan dalam pengembangan media berbasis komputer ini adalah Maromedia Flash. Model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan diadopsi dari model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan nama DOLU MATH MEDIA telah diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya oleh validator dan pengguna selama penelitian. Hasil validasi didapatkan 3 6 dengan kriteria validdari validator ahli media dan 3 5 dengan kriteria valid dari validator ahli materi. Sedangkan dari hasil uji kepraktisan dan keefektifan berlangsung di SMKNegeri 4 Malang didapat kepraktisan dengan nilai 3 35 dengan kriteria praktis dan presentase keefektifan adalah 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15627

Actions (login required)

View Item View Item