Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis RME untuk siswa SMP kelas VII pada materi perbandingan / Intan Asri Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis RME untuk siswa SMP kelas VII pada materi perbandingan / Intan Asri Cahyanti

Cahyanti, Intan Asri (2016) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis RME untuk siswa SMP kelas VII pada materi perbandingan / Intan Asri Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyanti Intan Asri. 2015 Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis RME Untuk Siswa SMP Kelas VII pada Materi Perbandingan. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Mimiep Setyowati Madja M.Kom (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran RME Perbandingan Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mempelajari materi perbandingan khususnya perbandingan senilai dan berbalik nilai. Siswa sulit membedakan permasalahan tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai. Selain itu pada saat ini belum ada pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis RME pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Media pembelajaran ini dapat digunakan di kelas dengan metode pembelajaran RME agar pembelajaran di kelas lebih menyenangkan. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yang dikenal dengan model 4-D (four D Model) yaitu (1) tahap pendefinisian (2) tahap perancangan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Akan tetapi penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai dengan tahap ketiga yaitu tahap pengembangan karena hanya sampai pada uji coba terbatas. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran bernama GO MATH dalam bentuk satu file executable yang dikemas dalam bentuk CD. GO MATH divalidasi oleh dua validator yaitu satu dosen Matematika UM dan satu guru SMP Brawijaya Smart School Malang yang berperan sebagai ahli materi maupun ahli media. Uji coba terbatas dalam penelitian ini melibatkan 9 siswa SMP Brawijaya Smart School Malang yang berkemampuan heterogen. Skala hasil validasi media pembelajaran GO MATH adalah 1-4. Nilai rata-rata validasi materi media adalah 3 58 validasi RPP adalah 3 54 dan rata-rata validasi media adalah 3 59 sehingga GO MATH memenuhi kriteria valid. Siswa juga memberikan respon yang tinggi terhadap GO MATH dengan nilai rata-rata sebesar 3 85 sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Sedangkan hasil pengerjaan tes evaluasi siswa sangat bagus karena 100% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan nilai KKM yaitu 75 sehingga GO MATH memenuhi kriteria efektif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran GO MATH memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item