Pengembangan aplikasi m-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berbasis android / Ibnu Nurdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi m-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berbasis android / Ibnu Nurdiansyah

Nurdiansyah, Ibnu (2016) Pengembangan aplikasi m-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berbasis android / Ibnu Nurdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiansyah Ibnu. 2015.Pengembangan Aplikasi M-learning pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu variabel Berbasis Android. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Lathiful Anwar S.Si M.Sc (II)Mohamad Yasin S.Kom M.Kom Kata kunci Android Adobe Flash CS 6 Adobe AIR persamaandanpertidaksamaan linier satuvariabel. Matematikamerupakansalahsatumatapelajaran yang diajarkandi pendidikanSekolahMenengahAtas di Indonesia. Salah satuaspek yang termuatpadamatapelajaranmatematikaadalahAljabar.KemampuanAljabar yang baikakanmembantupemahamanmatematikasiswa.Berdasarkanhasilobservasidanwawancara yang dilakukanpadapendidikdan pesertadidikdiperolehfaktabahwakemampuanAljabarsiswamasihrendah materipersamaandanpertidaksamaan linier satuvariabel yang melibatkannilaimutlakmasihdirasasulit danmasihbanyakpesertadidik yang kesulitandalamoperasiAljabar nampak siswa kesulitan dalam mengoperasikan Aljabar yang seharusnya hal ini telah dikuasai ketika Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan kompetensi inti materi SMK juga harus berjalan.Denganmemanfaatkankeadaandimanabanyakdijumpaianakdidik yang memilikismartphonemakaakandikembangkanpenyampaianmateridengansmartphonesebagai media penunjangbelajarPersamaandanPertidaksamaandidalammaupundiluarkelas. Hal ini didukung dengan berbagai penelitian yang mengembangkan mobile learningatau m-learning. Olehkarenaitu penelitimengembangkanaplikasim-learningpadapokokbahasanpersamaandanpertidaksamaansatuvariabelberbasis android yang valid efektif danpraktis. Model penelitiandanpengembangan yang dikembangkandiadopsidari model pengembanganPlomp yang dimodifikasimenjadi 4 tahap yaitu (1) investigasiawal (2) desain (3) realisasi/konstruksi (4) tes evaluasi danrevisi. Modifikasidilakukankarenaketerbatasanwaktupenelitiandandanayang tersedia.Pada pengembangan ini digunakan Adobe Flash CS 6yang terintegrasi dengan Adobe AIR. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi dengan nama POM (Partner of Mathematics)berekstensiapk yang dapatdisebarluaskandandiinstal di smartphone.Aplikasi android yang dibuat dioperasikan minimum pada android versi 4.0/4.1 (Ice Cream Sandwich). Aplikasi POMtelahdiujikevalidan kepraktisan dankeefektifannyaoleh validator danpenggunaselamapenelitian.Hasil validasi didapatkanpersentasevalidasiadalah 93 2% dengan kriteria validdari validator ahli media dan materi. Sedangkandarihasilujikepraktisan dan keefektifan berlangsung di SMKN 4 Malangdidapatpresentasekepraktisanadalah89 6% dengankriteriapraktis dan presentasekeefektifanadalah 88 89%dengankriteriaefektif.Berdasarkanhal tersebut diketahui bahwa aplikasi POM dinyatakan valid praktis dan efektif serta layak digunakan untuk orang yang peduli terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

View Item View Item