Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada pokok bahasan aritmetika sosial untuk siswa kelas VII / Sebti Mardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada pokok bahasan aritmetika sosial untuk siswa kelas VII / Sebti Mardiana

Mardiana, Sebti (2015) Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada pokok bahasan aritmetika sosial untuk siswa kelas VII / Sebti Mardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiana Sebti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Game EdukasipadaPokokBahasanAritmetikaSosialuntukSiswaKelas VII. Skripsi S1 PendidikanMatematika JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abd. Qohar M.T. (2) DarmawanSatyananda S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Game Edukasi AritmetikaSosial. Matematikamerupakansalahsatumatapelajaranwajib yang ada di setiapjenjangpendidikan. Selainitu matematikadigunakan di berbagaibidangilmudankehidupan. Sayangnya fakta di lapanganmenunjukkanbahwasiswamenganggapmatematikasebagaipelajaran yang kurangdisukaikarenasulitdikuasaiataupunmembosankan. Salah satukemampuan yang diharapkanolehkurikulumdalampembelajaranmatematikaadalahketerampilanmenyelesaikanpermasalahan yang berhubungandenganaritmetikasosial. Keterampilaninimenuntutsiswauntukbanyakberlatihsoal. Olehkarenaitu dibutuhkansuatu media untukberlatihsoal yang menyenangkandanmemotivasisiswadalambelajarmatematika. Salah satubentuk media yang dapatdigunakanadalah game edukasi. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan. Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkan media pembelajaranberupa game edukasiberbasiskomputerpadapokokbahasanaritmetikasosialuntuksiswakelas VII yang valid praktis danefektif. Penelitianmenggunakan model plomp yang disesuaikandenganjenisproduk yang dikembangkan. Padatahapujicoba dilakukakanbeberapatahapanyaituujivaliditasolehahlimateridanahli media danujikepraktisandankeefektifanmelaluiujicobaterbataskepadasiswaselakusasaranpengguna media. Padatahaptersebutdiperoleh data kualitatifberdasarkanhasilpenilaian validator maupunrespondendalamangketsertanilaiujikompetensisiswa. Hasilujicobamenunjukkanhasilsebagaiberikut. (1) Ahli materimenyatakanbahwa media sangat valid dandapatdipergunakandengankriteria 94 23%. (2) Ahli media menyatakanbahwa media sangat valid dandapatdipergunakandengankriteria 93 75%. (3) Data ujikompetensimenunjukkan media sangatefektifdenganperolehan rata-rata nilai 84 97. (4) Siswameresponpositif media denganpersentase 89 58% sehingga media sangatpraktismenurutsiswa. Olehkarenaitu media yang dikembangkantelahmemenuhikriteriakualitas yaitu valid praktis danefektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item