Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri materi bangun ruang untuk kelas X SMA / Dzakiya Qorikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri materi bangun ruang untuk kelas X SMA / Dzakiya Qorikha

Qorikha, Dzakiya (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berdasarkan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri materi bangun ruang untuk kelas X SMA / Dzakiya Qorikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qorikha Dzakiya. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berdasarkan Pendekatan Saintifik dengan Metode Inkuiri pada Materi Bangun Ruang untuk Kelas X SMA. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata Kunci lembar kegiatan siswa pendekatan saintifik metode inkuiri bangun ruang. Berdasarkan hasil wawancara terhadap salah satu siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tanggal 18 April 2014 diketahui bahwa diadan teman-temannya merasa kesulitan menyelesaikan persoalan tentang bangun ruang geometri. Maka dari itu diperlukan suatu media yang mempermudah siswa dalam belajar matematika. Salah satu media pembelajaran yang membantu siswa untuk memahami materi bangun ruang adalah lembar kegiatan siswa. Sepengetahuan peneliti LKS berdasarkan pendekatan saintifik belum banyak dikembangkan di lapangan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa LKS yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi bangun ruang untuk kelas X SMA. Pendekatan saintifik berjalan beriringan dengan inkuiri (Kemendikbud 2013). Jadi penulis ingin mengembangkan LembarKegiatanSiswa (LKS) berdasarkanPendekatanSaintifikdenganMetodeInkuiripadaMateriBangunRuangKelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan LKS berdasarkan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri pada materi bangun ruang untuk kelas X SMA. (2) Menghasilkan LKS berdasarkan pendekatan saintifik dengan metode inkuiri pada materi bangun ruang untuk kelas X SMA yang valid praktis dan efektif.Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model Plom (Hobri 2010) yang terdiri dari lima fase. Lima fase tersebut adalah (1) Faseinvestigasiawal (2) Fasedesain (3) Faserealisasi/konstruksi (4) Fasetes evaluasi danrevisi (5) Faseimplementasi. Karena keterbatasan waktu peneliti hanya melaksanakansampaitahapkeempat yaitutahaptes evaluasidanrevisi. Berdasarkan hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan diperoleh hasil (1) skor uji kevalidan Vrata-rata 3 06 yang termasuk dalam kriteria valid (2)Berdasarkan hasil pengerjaan lembar kegiatan siswa diperoleh hasil semua subjek uji coba memiliki rata-rata skor pengerjaan lembar kegiatan siswa di atas 80 masuk kriteria kepraktisan sangat praktis. Selain itu dilakukan juga wawancara terhadap dua orang guru SMA. Menurut guru pertama lembar kegiatan siswa yang dikembangkan cukup praktis. Sedangkan menurut guru kedua lembar kegiatan siswa yang dikembangkan sudah praktis. Berdasarkan data yang diperoleh lembar kegiatan siswa sudah memenuhi kriteria praktis. (3)Berdasarkan hasil uji coba berupa pengerjaan uji kompetensi pada lembar kegiatan siswa diperoleh hasil bahwa lebih dari 80% siswa memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh hasil bahwa lebih dari 70% siswa memberikan respon positif terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan. Berdasarkan penjelasan sebelumnya dapat dikatakan bahwa lembar kegiatan siswa memenuhi kriteria efektif.Jadi secara keseluruhan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Walaupun demikian untuk kesempurnaan LKS yang dihasilkan peneliti tetap melakukan revisi berdasarkan saran dan komentar yang diberikan oleh validator dan praktisi. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item