Kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan Peluang berdasarkan prosedur kesalahan Newman beserta scaffolding-nya / Media Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan Peluang berdasarkan prosedur kesalahan Newman beserta scaffolding-nya / Media Rahmawati

Rahmawati, Media (2015) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan Peluang berdasarkan prosedur kesalahan Newman beserta scaffolding-nya / Media Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Media. 2015.Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Peluang Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman Beserta Scaffolding- nya. Skripsi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H Makbul Muksar S. Pd M. Si. Kata Kunci kesalahan siswa prosedur kesalahan Newman scaffolding. Keterbatasan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan berbentuk soal cerita pada materi peluang menjadi alasan siswa melakukan kesalahan sehingga siswa mendapatkan nilai yang rendah pada tes.Salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesalahan-kesalahan siswa tersebut adalah Prosedur Kesalahan Newman. ProsedurKesalahan Newman mencakup (1)kesalahan membaca (2) kesalahan pemahaman (3) kesalahan transformasi (4) kesalahan proses dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan beserta faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal peluang berdasarkan prosedur Newman.Tujuan lainnya yaitu mengetahui kriteria scaffoldingyang digunakan untuk meminimalkan kesalahan siswa dan yang sesuai dengan Prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta jenis penelitian yaitu studi kasus. Dengan menggunakan metode tes dan interview semua data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan. Penelitian ini menggambil 6 subjek dari 54 siswa kelas sebelas SMA Negeri 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan terbanyak dalam tahap transformasi. Sebanyak 29.63% dari total semua kesalahan dilakukan siswa dalam tahap transformasi. Beberapa penyebabnya adalah salah dalam memodelkan informasi kedalam bentuk matematika memilih rumus yang tidak tepat kurang memahami materi kombinasi dan peluang ketika kedua materi tersebut muncul secara bersamaan. Dalam tahap penulisan jawaban akhir 29.63% kesalahan dilakukan oleh siswa dan penyebabnya adalah jawaban akhir bernilai salah atau akibat dari kesalahan pada tahap sebelumnya. Kesalahan lebih sedikit dilakukan siswa pada tahap keterampilan proses dan tahap memahami. Secara berurutan yaitu sebesar 22.22% dan 18.52% dari semua total kesalahan. Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam tahap keterampilan proses adalah siswa ceroboh dalam proses perhitungan sedangkan dalam tahap memahami adalah siswa tidak tepat dalam menentukan hal yang diketahui atau ditanyakan dalam soal. Tidak ada satupun subjek penelitian melakukan kesalahan dalam tahap membaca. Kriteria scaffolding yang bersesuaian degan kategori dalam analasis kesalahan Newman yang digunakan adalah (1) reviewing (2) explaining (3) restructuring dan (4) developing conceptual thinking.Scaffolding diberikan untuk mengurangi banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan membantu meningkatkan daya pikir siswa sehingga mendapatkan hasil akhir yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15613

Actions (login required)

View Item View Item