Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) untuk mendukung keaktifab dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linear Dua Variabela / Alif Nadia Makhrubi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) untuk mendukung keaktifab dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linear Dua Variabela / Alif Nadia Makhrubi

Makhrubi, Alif Nadia (2015) Penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) untuk mendukung keaktifab dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linear Dua Variabela / Alif Nadia Makhrubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Makhrubi Alif Nadia. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ) Untuk Mendukung Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-BSMP Negeri 4 Malang Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Learning Starts With a Question Keaktifan Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Malang didapatkan fakta bahwa siswa kelas VIII-B cenderung kurang aktif ketika pembelajaran yang ditandai dengan mereka enggan untuk berpendapat dan bertanya apabila mereka belum paham dengan materi yang diterangkan. Selain itu berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang peneliti mendapat keterangan bahwa lebih dari separuh siswa kelas VIII-B mendapat nilai kurang dari standar kelulusan minimal pada materi persamaan garis lurus. Padahal materi persamaan garis lurus merupakan salah satu materi prasyarat pada materi persamaan linear dua variabel. Karena masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM siswa dikhawatirkan akan mengalami kesulitan saat mempelajari materi persamaan linear dua variabel. Hal tersebut didukung oleh hasil tes materi prasyarat persamaan linear dua variabel bahwa hanya ada 42 3% dari 26 siswa VIII-B yang mendapat nilai di atas KKM. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat mendukung keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear dua variabel. Pembelajaran yang diterapkan adalah penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With a Question (LSQ). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran LSQ yang dapat mendukung keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan dan 3) hasil tes akhir siklus. Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran LSQ yang dapat mendukung keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan linear dua variabelterdiri dari dua tahapan yaitu tahapan sebelum kegiatan pembelajaran dan tahapan saat pelaksanaan pembelajaran. Tahapan sebelum kegiatan pembelajaran terdiri dari (1) siswa mendapat lembar materi ajar (2) siswa membaca dan memahami lembar materi ajar serta membuat pertanyaan.Pada saat pelaksanaan pembelajaran tahapan yang dilakukan yaitu (1) siswa menuliskan pertanyaan (2) siswa berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk menjawab pertanyaan (3) siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan (4) siswa bersama guru membuat rangkuman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item