Penerapan pembelajaran problem posing untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Firmadela Nomida Oliviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem posing untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Firmadela Nomida Oliviani

Oliviani, Firmadela Namida (2015) Penerapan pembelajaran problem posing untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM / Firmadela Nomida Oliviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oliviani FirmadelaNamida. 2015. Penerapan Pembelajaran Problem Posing untuk MenumbuhkanKemampuanBerpikirKreatif Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Maematika dan Ilmu Pendidikan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing(I) Dra. Tri HapsariUtami M.Pd. Kata Kunci Problem Posing KemampuanBerpikirKreatif. Berdasarkanhasilpengamatanlangsung yang dilakukanpeneliti di kelasVIII-H SMP Laboratorium UM yaitu siswa cenderung pasif mendengarkan penjelasan dari guru.Siswa terbiasa mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan oleh guru. Ketika diberi soal serupa dengan contoh yang diberikan guru siswa masih dapat menyelesaikan soal berdasarkan contoh tersebut. Namun ketika siswa diberi soal sedikit berbeda dari yang telah dicontohkan guru siswa merasa kesulitan dan bingung ketika memulai menyelesaikan soal. Dalam proses pembelajaran ketika guru melontarkan pertanyaan hanya terdapat beberapa siswa yang bersedia mengemukakan pendapat siswa yang lain cenderung diam.Hal ini menandakan kurang tumbuhnya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa.Olehkarenaituperluditerapkanpembelajaran yang dapatmenumbuhkankemampuanberpikirkreatifyaitudenganmenerapkanpembelajaranproblem posingpadasiswakelas VIII-H SMP Laboratorium UM. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran problem posing yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Laboratorium UM. Data yang dikumpulkan meliputi 1) data aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran problem posing yang berpedoman pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa 2) data catatan lapangan dan 3)data hasil tes kemampuanberpikirkreatif siswa di akhirpertemuan. Pada penelitianini menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing dapat menumbuhkankemampuanberpikirkreatif siswa kelas VIII-H SMP Laboratorium UM dengan tahapan sebagai berikut yaitu (1) penyampaiankegiatanpendahuluanpembelajaran yang meliputi yaitu penyampaian tujuan pembelajaran apersepsi motivasi dan tatacarasiswabelajar (2) memahamimateriyaitu guru membagisiswakedalamsembilankelompokheterogenkemudiansiswamemahamimaterisecaraberkelompokdenganmenggunakan LKS (3) presentasihasildiskusi LKS yaitubeberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menanggapi (4) pengajuansoalyaitusecara individu siswa diminta untuk membuat dua soal beserta penyelesaiannya sesuai informasi yang diberikan pada Lembar Problem Posing (5) presentasi hasil pengajuan soal yaitu beberapa siswa yang ditunjuk guru diminta untuk mempresentasikan soal beserta penyelesaian yang telah dibuatnya sendirisementara siswa yang lain menanggapi (6) guru memberikan konfirmasi atas soal dan penyelesaian yang telah dibuat siswa (7) memberikan penguatan materi pada pembelajaran hari itu. Berdasarkan data penelitian dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada akhir pertemuan yang dihitung secara klasikalmenunujukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswa masuk dalam kategori kreatif dengan 8 10% siswa masuk ke dalam kategori tidak kreatif 13 51% kurang kreatif 16 21% cukup kreatif 37 83% kreatif dan 24 32% sangat kreatif. Presentase aktivitas guru sebesar 87 08% dengan kategori sangat baik dan presentase aktivitas siswa sebesar 76 88% dengan kategori baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15611

Actions (login required)

View Item View Item