Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga / Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga / Tri Wulandari

Wulandari, Tri (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi Segi Empat dan Segitiga / Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Tri. 2015. Penerapan Pembelajaran Koopertif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tri Hapsari Utami M. Pd. Kata Kunci Teams Games Tournament Hasil Belajar Segi Empat dan Segitiga. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang diketahui bahwa siswa cenderung mengalami kesulitan saat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar. Hal ini didukung dengan data tahun 2013-2014 yang menunjukkan bahwa 29 dari 34 siswa mendapat nilai kurang dari 75 yang merupakan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rata-rata nilai siswa pada materi segi empat dan segitiga yaitu 59 12. Pada tahun 2012-2013 nilai rata-rata siswa pada materi segi empat dan segitiga adalah 57 88 dan pada tahun 2011-2012 adalah 61 07. Dari hasil observasi langsung diketahui bahwa siswa cenderung duduk mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa diperlukan suatu upaya untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi segi empat dan segitiga.TGT merupakan suatu model pembelajaran yang melibat aktifkan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan pada PTK ini terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan meliputi (1) data aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran kooperatif TGT yang berpedoman pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta data catatan lapangan yang memuat kejadian yang tidak terekam pada lembar observasi (2) data tes hasil belajar siswa pada materi segi empat dan segitiga yang dilaksanakan pada akhir siklus. Data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi segi empat dan segitiga meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM. Hasil tes akhir siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes tulis siswa adalah 64 18 dengan 38 24% jumlah siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM dan meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata tes tulis siswa menjadi 75 88 dengan 79 41% jumlah siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM. Hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa juga meningkat dari kategori baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 2 Malang pada materi segi empat dan segitiga adalah sebagai berikut (1) presentasi kelas yang melibatkan siswa dari seluruh kelompok akademik dan pemberian poin tambahan selama proses tanya jawab untuk memantapkan konsep awal siswa (2) pembagian kelompok belajar yang heterogen dan pendampingan yang tepat selama proses diskusi kelompok dengan menggunakan lembar diskusi siswa yang sudah disusun dengan memperhatikan tingkat kesukaran soal (3) pelaksanaan games dengan soal-soal yang disajikan pada slide presentasi memperhatikan tingkat kesukaran sehingga bersesuaian dengan alokasi waktu yang disediakan (4) pelaksanaan tournament dengan melibatkan seluruh siswa dari seluruh kelompok yang ada dengan mengelompokkan setiap siswa dari kelompok berbeda dengan kemampuan setara untuk duduk di satu meja turnamen yang sama mengerjakan soal-soal pada kartu bernomor yang disusun dengan memperhatikan tingkat kesukaran soal dan (5) penghargaan kelompok yang diberikan kepada seluruh kelompok berdasarkan skor yang diperoleh masing-masing kelompok dengan kategori penghargaan meliputi Tim Baik Tim Hebat dan Tim Super Hebat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15606

Actions (login required)

View Item View Item