Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa kelas IX SMP / Siti Muawanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa kelas IX SMP / Siti Muawanah

Muawanah, Siti (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa kelas IX SMP / Siti Muawanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muawanah Siti. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk Siswa Kelas IX SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Rini Nurhakiki M.Pd. (II) Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Terbimbing Kesebangunan Kekongruenan 12288 12288 12288 12288 12288 Ketersediaan LKS matematika untuk siswa SMP yang beredar saat ini sebagian besar hanya berisi ringkasan materi contoh soal dan latihan sehingga siswa cenderung menghafal dan tidak membangun suatu konsep. LKS akan lebih bermakna jika berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan suatu kegiatan terprogram yang bertujuan untuk menanamkan konsep atau prinsip bagi siswa secara utuh dan sistematis. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS yang berkualitas dengan suatu pendekatan tertentu. Penemuan terbimbing adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari menemukan atau membuktikan hal yang sudah diketahui dengan bantuan terbatas bagi guru. Peneliti ingin mengembangkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Materi kesebangunan dan kekongruenan yang dimaksud adalah materi matematika untuk kelas IX SMP pada awal semester I. 12288 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) tahap investigasi awal 2) tahap perancangan 3) realisasi dan 4) tahap tes evaluasi dan revisi. Pada tahap investigasi peneliti melakukan observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Malang. Pada tahap perancangan peneliti merancang LKS yang dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar indikator dan tujuan yang ditempuh. Pada tahap realisasi peneliti mengembangkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Setelah LKS terbuat dilanjutkan dengan menyusun instrument kevalidan LKS tersebut. Pada tahap tes evaluasi dan revisi LKS yang dikembangkan divalidasi oleh 2 validator yaitu validator ahli dan validator praktisi. Setelah itu diujicobakan ke 6 siswa SMP Negeri 1 Malang untuk mengetahui praktis dan efektif atau tidaknya LKS tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan secara keseluruhan produk LKS yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Hasil uji kevalidan menunjukkan 86 11% untuk LKS 87 5% untuk RPP dan 90 625% untuk soal evaluasi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan 87 9% dari 6 siswa kelas VIII SMP. Hasil uji keefektifan menunjukkan semua siswa memperoleh nilai rata-rata 88 33. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran kesebangunan dan kekongruenan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15600

Actions (login required)

View Item View Item