Pemanfaatan situs jejaring sosial (facebook) untuk kegiatan akademik pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Yessi T. Aslamiyah

Aslamiyah, Yessi T. (2010) Pemanfaatan situs jejaring sosial (facebook) untuk kegiatan akademik pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Yessi T. Aslamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Pemanfaatan, Situs Jejaring Sosial (Facebook), Kegiatan Akademik. Pada saat ini sebagian besar mahasiswa mempunyai facebook, tetapi berdasarkan pengalaman para pengunjung facebook hanya menggunakan situs ini sebagai ajang pertemanan, padahal situs ini bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Mengingat proses perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan sudah menerapkan E-Learning, dimana interaksi antara mahasiswa dan dosen dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan situs jejaring sosial (facebook) di kalangan mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, mengetahui pemanfaatan situs jejaring sosial (facebook) dalam bidang akademik, dan untuk mengetahui pemanfaatan situs jejaring sosial (facebook) dalam bidang non akademik pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang mulai angkatan 2006 sampai 2009 yang mempunyai facebook dan aktif dalam penggunaannya minimal satu minggu sekali, sedangkan sampelnya adalah 40 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Intensitas mahasiswa yang mengakses facebook terletak pada kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari intensitas mahasiswa yang mengakses facebook dalam satu minggu yaitu sebanyak satu sampai tiga kali. (2) Dalam hal pemanfaatan facebook untuk keperluan akademik dapat dilihat dari: sebagian mahasiswa berpendapat setuju apabila matakuliah bisa diakses melalui facebook. (3) Pemanfaatan facebook untuk keperluan non akademik oleh mahasiswa TEP FIP dengan membahas topik pribadi dan mengaksesnya melalui facebook. Topik yang sering dibahas adalah tentang aktivitas sehari-hari (curhat). Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang ditujukan kepada: (1) Diharapkan mahasiswa lebih sering untuk mengakses internet (facebook), karena dengan facebook kita bisa menambah teman dan wawasan pengetahuan yg up to date. (2) Diharapkan mahasiswa tidak mengakses facebook hanya sekedar untuk mengupdate status tentang kegiatan sehari-hari (curhat), tetapi diimbangi dengan kegiatan akademik supaya selalu medapatkan pengetahuan dimanapun berada, karena belajar tidak harus di dalam kelas. (3) Diharapkan mahasiswa ketika mengakses facebook untuk kegiatan non akademik tidak melakukan hal-hal yang ilegal seperti mengunduh virus, dan mengupload lagu bajakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item