Game edukasi informasi pariwisata untuk mencari lintasan terpendek dengan menggunakan algoritma Bellman-Ford / Huda Ansyari

Ansyari, Huda (2014) Game edukasi informasi pariwisata untuk mencari lintasan terpendek dengan menggunakan algoritma Bellman-Ford / Huda Ansyari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ansyari, Huda. 2013. Game Edukasi Informasi Pariwisata Untuk Mencari Lintasan Terpendek Dengan Menggunakan Algoritma Bellman-Ford. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Mimiep Setyowati Madja M.Kom, (II) Mahmuddin Yunus, S.Kom, M.Cs. Kata kunci: educational game, algoritma Bellman-Ford, wisata Batu, adobe flash.     Perkembangan game saat ini sangat pesat. Dengan semakin berkembangannya game membawa dampak positif dan negative, game dapat menyebabkan seseorang menjadi pemalas dan tidak bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu game secara tidak langsung dapat mempengaruhi perilaku para pemainnya. Game akan berdampak positif jika membantu meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu jenis game yang dapat meningkatkan kecerdasan anak adalah game berjenis educational. Dengan bermain educational game, pemain bisa mendapatkan dua hal yang bermanfaat, yaitu sebagai media hiburan alternatif dan juga sekaligus dapat mengasah pola berfikir anak.     Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan educational game. Dalam game ini menerapkan salah satu algoritma dari masalah Short Path yaitu algoritma Bellman-Ford. Pemain dalam game ini akan ditugaskan untuk mencari lintasan terpendek dari suatu tempat wisata menuju tempat wisata yang lain di daerah Batu.     Game ini dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe yang digunakan untuk membuat animasi yang sangat menarik, interaktif dan dinamis. Hasil dari penelitian ini adalah paket program educational game yang diberi nama ÔÇ£Lintasan Terpendek Pariwisata BatuÔÇØ. Kelebihan game ini adalah peta yang digunakan disesuaikan dengan keadaan aslinya sehingga informasi lintasan terpendek jelas. Dalam game ini juga terdapat pembahasan masalah menggunakan algoritma Bellman-Ford secara lengkap. Selain itu, game ini juga didesain untuk berlatih operasi hitung penjumlahan bagi anak SD kelas III. Kekurangan dari game ini terletak pada tampilan yang masih sangat sederhana dan animasi yang masih sedikit.     Uji coba terhadap siswa kelas 3 SD mendapatkan hasil valid tanpa revisi dengan persentase mencapai 81,94%. Uji coba terhadap mahasiswa matematika mendapatkan hasil valid tanpa revisi dengan persentase mencapai 91,60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item