Pengembangan blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP / Fitria Ayu Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP / Fitria Ayu Wulansari

Wulansari, Fitria Ayu (2014) Pengembangan blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP / Fitria Ayu Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulansari Fitria Ayu. 2013. Pengembangan Blended Learning Berbasis Website dengan Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Mimiep Setyowati Madja M. Kom (II) Mohamad Yasin S. Kom M. Kom. Kata kunci Blended Learning Website Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX Dunia pendidikan pada saat ini telah berada pada abad pengetahuan (abad 21) yaitu abad yang berbasis TI (Teknologi dan Informasi). Salah satu unsur pembelajaran abad 21 yaitu menekankan pada pengembangan keterampilan belajar. Pengembangan keterampilan terkait informasi dan komunikasi salah satunya dapat guru ciptakan dengan mengembangkan pembelajaran berbasis blended learning. Blended learning adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka dan online. Salah satu cara melakukan pembelajaran secara online adalah dengan menggunakan website. Pembelajaran dengan menggunakan website dengan materi bangun ruang sisi lengkung dapat membantu guru dalam penyampaian materi sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Materi yang sulit dipahami akan menjadi mudah untuk dipahami dan suasana belajar yang menegangkan akan menjadi menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan blended larning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP. Pengembangan blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP menggunakan perangkat Learning Management System (LMS) open source moodle versi 2.2. Materi bangun ruang sisi lengkung ditampilkan dalam bentuk web page. Selain itu website yang digunakan dalam blended learning ini juga dilengkapi dengan gambar dan video yang dapat menunjang pembelajaran. Aktifitas yang dapat digunakan pada website adalah forum diskusi dan chat room yang dapat melatih siswa menyampaikan ide/ pendapat dan menanyakan hal yang belum dipahami sehingga dapat mengatasi permasalahan siswa dalam berkomunikasi dengan guru maupun antar siswa. Selain itu juga ada kuis dan latihan soal yang dapat membantu guru dalam mengukur pemahaman siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari define design develop dan dissiminate tetapi tanpa tahap dissiminate. Subyek uji coba terdiri dari validator ahli materi ahli media dan 9 responden uji coba. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert. Data hasil uji coba terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif berupa kritik dan saran. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis persentase sedangkan data kualitatif dipertimbangkan untuk merevisi produk. Hasil validasi blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP dari ahli materi menyatakan tingkat kelayakan dengan persentase 97 5% dan ahli media menyatakan tingkat kelayakan dengan persentase 86 9%. Sedangkan dari responden uji coba menyatakan tingkat kelayakan dengan persentase 96 2%. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut dapat dikatakan bahwa blended learning berbasis website dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP termasuk kriteria valid/ layak sehingga sesuai jika digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15593

Actions (login required)

View Item View Item