Prabawati, Ratna (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMP Negeri 19 Malang / Ratna Prabawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prabawati Ratna. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 8-G SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. rer. nat I Made Sulandra M.Si (II) Lathiful Anwar S.Sc M.Si. Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) hasil belajar. Berdasarkan observasi awal dan melalui wawancara dengan guru matematika kelas 8-G SMP Negeri 19 Malang diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 19 Malang masih berpusat pada guru dengan metode ceramah dan pengerjaan latihan soal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan hanya 30 95% siswa yang mencapai SKM (Standar Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan di SMPN 19 Malang. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. TGT adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan adanya kerja sama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. TGT ini mempunyai ciri khas adanya turnamen dan penghargaan kelompok sehingga diharapkan siswa akan lebih giat belajar serta berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran matematika dengan TGT untuk melihat hasil belajar siswa kelas 8-G SMPN 19 Malang pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2013. Data hasil belajar siswa diperoleh dari rata-rata skor kelompok dinamika kelompok turnamen dan tes akhir. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan mengajar selanjutnya guru mengorganisasikan siswa untuk belajar kelompok kemudian diadakan turnamen diakhiri dengan penghargaan kelompok dan evaluasi serta refleksi. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai kelemahan antara lain (1) pada metode penelitian pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif akan tetapi pada saat di lapangan pendekatan yang dilakukan lebih mengarah pada pendekatan kuantitatif dan (2) LKK yang disusun masih belum membantu mengembangkan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi keterlaksanaan RPP selama pembelajaran secara keseluruhan mendapat penilaian dari observer sebesar 84% pada siklus I dan 86 5% pada siklus II yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP termasuk dalam kategori Sangat Baik . Dari segi hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas belajar pada sub pokok bahasan menentukan penyelesaian SPLDV sebesar 64 29% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar pada sub pokok bahasan menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel sebesar 85 71%. SKM di SMPN 19 Malang untuk mata pelajaran matematika adalah 75. Berdasarkan ketuntasan pembelajaran di SMPN 19 Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila minimal 75% siswa mendapat minimal 75 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMPN 19 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |