Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan pendekatan kontekstual pada materi jarak, waktu, dan kecepatan untuk siswa SD kelas V semester I / Ariyan Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan pendekatan kontekstual pada materi jarak, waktu, dan kecepatan untuk siswa SD kelas V semester I / Ariyan Pradana

Pradana, Ariyan (2014) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan pendekatan kontekstual pada materi jarak, waktu, dan kecepatan untuk siswa SD kelas V semester I / Ariyan Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pradana Ariyan. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Jarak Waktu Dan Kecepatan Untuk Siswa SD Kelas V Semester I. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd (II) Darmawan Satyananda S.T M.T Kata Kunci Media Pembelajaran Jarak Waktu Kecepatan Kontekstual. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dicapai dengan menciptakan terobosan dalam bidang pembelajaran salah satunya adalah dengan menciptakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru Sekolah Dasar didapatkan informasi bahwa tidak sedikit siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan Jarak Waktu dan Kecepatan. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tentang materi Jarak Waktu dan Kecepatan dan tidak tepatnya penyajian materi yang diberikan. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran yang bisa mengajak siswa memahami konsep dan proses yang disusun. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SD pada pokok bahasan jarak waktu dan kecepatan. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengadaptasi model pengembangan Luther (Sutopo 2003) dan Purwanto (2004) yaitu model CADMAETR (Concept Analysis Design Material collecting Assembly Evaluation Testing and Revition). Uji coba yang dilaksanakan adalah uji kevalidan dilakukan oleh satu orang dosen dan dua orang guru matematika sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan oleh 6 orang siswa sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis pengembangan didapatkan hasil yaitu (1) persentase kevalidan sebesar 88 1 % dengan kriteria kevalidan sangat valid (2) persentase kepraktisan 88 6 % dan (3) skor keefektifan 88 3. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif. Walaupun demikian sebagai penyempurnaan bahan ajar tetap dilakukan revisi berdasarkan saran dan catatan yang diberikan oleh dosen guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item