Peningkatan prestasi belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajaran problem posing / Jerry Jekson - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajaran problem posing / Jerry Jekson

Jekson, Jerry (2013) Peningkatan prestasi belajar matematika materi kubus dan balok siswa kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang dengan menerapkan model pembelajaran problem posing / Jerry Jekson. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jekson Jerry. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hery Susanto M.Si (II) Drs. Susiswo M.Si. Kata kunci problem posing prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 10 Malang diperoleh data bahwa prestasi belajar matematika siswa pada materi sebelumnya yaitu materi lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran tergolong rendah karena hanya 13 4 % dari 37 siswa yang tuntas belajar . untuk itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan mampu mengkonstruksi pengatahuannya. 12288 12288 12288 12288 Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah model pembelajaran problem posing. Pada pembelajaran ini siswa dibagi ke dalam kelompok kecil secara heterogen yaitu terdiri dari 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 anggota kelompok. Kemudian guru membagi lembaran kerja siswa untuk didiskusikan secara berkelompok guru meminta setiap perwakilan anggota kelompoknya untuk menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas setelah itu guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk menyusun soal sekaligus menyelesaikannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan mei 2013. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang yang berjumlah 37 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 10 Malang. Persentase ketuntasan belajar matematika siswa pada siklus I adalah 37 8 % dan meningkat pada siklus II menjadi 91 2 %. Sehingga siswa kelas VIII-G dapat dikatakan tuntas belajar secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item