Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013 / Ratna Widiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013 / Ratna Widiyawati

Widiyawati, Ratna (2013) Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013 / Ratna Widiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiyawati Ratna. 2013. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakutas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Swasono Rahardjo M.Si (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M Si. Kata Kunci minat belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar sangat penting karena dapat mengetahui taraf kemampuan siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran objektif tentang (1) Minat belajar matematika siswa (2) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Malang. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Malang dengan sampel sebanyak 48 siswa. Data yang diperoleh diuji dengan uji normalitas untuk menguji prasyarat analisis. 12288 12288 12288 12288 Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner/angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan korelasional (Pearson Product Moment) untuk mengungkap besarnya hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows v.20. 12288 12288 12288 12288 Hasil paparan penelitian dan kesimpulan (1) minat belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 10 Malang dengan kategori kurang berminat 14 58% cukup berminat 72 92% dan berminat 12 5%. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika dengan dengan taraf kesalahan sebesar 0 05 dan banyak N 48. 12288 12288 12288 12288 Disarankan bagi siswa penelitian ini digunakan sebagai bahan evaluasi untuk menumbuhkan minat belajar serta meningkatkan hasil belajar matematikanya. Bagi pihak sekolah diharapkan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa salah satunya dengan memberikan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk para pembaca yang berminat melakukan penelitian lanjutan disarankan menggunakan instrumen penelitian lainnya dan memperluas faktor-fakor lain yang berhubungan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item