Meningkatkan hasil belajar bangun ruang melalui penggunaan alat peraga di SMPN 2 Sebuku kelas VIII Kabupaten Nunukan Kaltim / Rostiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar bangun ruang melalui penggunaan alat peraga di SMPN 2 Sebuku kelas VIII Kabupaten Nunukan Kaltim / Rostiani

Rostiani (2013) Meningkatkan hasil belajar bangun ruang melalui penggunaan alat peraga di SMPN 2 Sebuku kelas VIII Kabupaten Nunukan Kaltim / Rostiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rostiani. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang melalui Penggunaan Alat Peraga di SMP 2 SEBUKU Kelas VIII Kabupaten Kalimantan Timur. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abadyo M.Si (II) Drs. Sudirman M.Si. Kata Kunci alat peraga STAD kubus dan balok. Dalam pembelajaran matematika beberapa topik yang sulit disampaikan secara konvensional atau sangat membutuhkan akurasi yang tinggi dapat dilaksanakan dengan bantuan alat peraga. Pada mata pelajaran matematika tingkat SMP salah satu aspek yang harus dikuasai siswa adalah geometri dan pengukuran. Aspek geometri khususnya materi kubus dan balok sebenarnya telah diajarkan sejak SD namun ternyata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dimensi tiga seperti kubus dan balok masih rendah. Oleh karena itu tujuan pengembangan ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mengunakan bantuan alat peraga pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian menggunakan metode STAD dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan (plan) pelaksanaan tindakan (do) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja siswa (LKS) dan alat peraga. Data hasil analisis yang diperoleh menggambarkan apakah proses pembelajaran dengan bantuan alat peraga yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi untuk aktivitas guru dan lembar observasi untuk siswa tes serta dokumentasi untuk siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis keberhasilan instrumen. Hasil analisis adalah sebagai berikut. Analisis observasi guru pertama menghasilkan rata-rata prosentase taraf keberhasilan 85% dan 86 25% untuk analisis observasi guru kedua yang menunjukkan bahwa dari adanya peningkatan dalam proses belajar oleh guru. Analisis observasi siswa menghasilkan rata-rata prosentase taraf keberhasilan 83 75% yang menunjukkan bahwa dari adanya peningkatan dalam proses belajar bagi siswa. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari rata-rata 68 4% menjadi 78 5% dari pertemuan pertama dan 73 68% menjadi 85 37% dari pertemuan kedua pada seluruh siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat dan seluruh siswa telah tuntas belajar. Tambahan pula untuk analisis aktivitas siswa rata-rata prosentase respon siswa (RS) untuk semua pertanyaan sebesar 90% yang menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan bantuan alat peraga sangat positif. Sehingga penggunaan alat peraga dapat dikatakan telah efektif. Diharapkan selanjutnya akan ada penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada materi kubus dan balok maupun materi matematika lainnya. Sehingga nantinya dihasilkan produk-produk sejenis yang berkualitas dan pada akhirnya akan menambah referansi dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item